Gelar Karya SDN 01 Campago Ipuh, Beragam Kerajinan Barang Bekas Dipamerkan

Kepala SDN 01 Campago Ipuh Suryanti Eka Putri bersama majelis guru foto bersama dengan siswa serta hasil keterampilan dalam kegiatan Gelar Karya SDN 01 Campago Ipuh di halaman sekolah tersebut, Kamis(16/3).wetrizon

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – Beragam kerajinan dari barang-barang yang sudah tidak terpakai dipamerkan dalam kegiatan Gelar Karya SDN 01 Campago Ipuh di halaman sekolah tersebut, Kamis(16/3).

Karya seperti vas bunga, bingkai foto, lampu tidur, meja dan kursi dari barang bekas, merupakan hasil keterampilan siswa SDN 01 Campago Ipuh implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”.

Kepala SDN 01 Campago Ipuh Suryanti Eka Putri mengatakan, tema gaya hidup berkelanjutan dipilih sesuai dengan kondisi sekarang, dimana volume sampah yang sangat tinggi. Jadi kata Suryanti, dengan gaya hidup berkelanjutan ini, siswa berkreatifitas untuk memanfaatkan sampah, terutama sampah-sampah anorganik.

“Implementasi P5 tema ini, SDN 01 Campago Ipuh bekerja sama dengan DLH Kota Bukittinggi. Siswa dibawa ke DLH untuk mendapatkan edukasi tentang sampah. Kemudian, DLH juga datang ke sekolah ini dan mempraktekkan langsung bersama siswa bagaimana cara mengolah sampah, baik sampah organik maupun anorganik. Sampah organik dimanfaatkan untuk membuat eco enzim dan pengomposan. Sedangkan sampah anorganik, dibuat menjadi eco brick yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam furnitur seperti meja dan kursi,” katanya.

Hal ini lanjut Suryanti, secara tidak langsung telah mengajarkan siswa untuk peduli dengan lingkungan, mengumpulkan sampah, mengolahnya dan menghasilkan sesuatu yang bisa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Jika ditekuni dengan baik, ini juga bisa menjadi penghasilan bagi siswa. Sebab, dilihat dari karya yang dihasilkan, bagus-bagus dan bermanfaat, seperti meja dan kursi dari eco brick,” ungkap Suryanti.

Selain itu kata Suryanti, siswa juga menghasilkan karya berupa media pembelajaran dari barang bekas, seperti pengukur berat dan jarak dari gabus sintetis. Hal ini tentu saja berdampak positif dalam proses belajar mengajar disekolah.

Selain warga SDN 01 Campago Ipuh, Gelar Karya turut diramaikan oleh warga sekitar. Warna warni dan beragam bentuk karya siswa dipamerkan dalam kegiatan ini. Siswa seluruh jenjang kelas turut ambil bagian.(wet)

 

Exit mobile version