Kepala SDN 26 Painan Kariyanto: Mewujudkan Program Sekolah Butuh Dukungan Semua Pihak

Kepala SDN 26 Painan Selatan, Kariyanto, SPd

Kepala SDN 26 Painan Selatan, Kariyanto, SPd

HARIANHALUAN.ID – Kepala SDN 26 Painan Selatan, Kariyanto mengatakan bahwa dukungan masyarakat dan orangtua murid terhadap berbagai program dan kebutuhan sekolah, merupakan aspek yang sangat penting dan strategis dalam percepatan peningkatan mutu sekolah secara keseluruhan.

Orangtua murid dan masyarakat adalah salah satu sumber daya pendidikan yang memiliki potensi dan kekuatan besar, untuk berkontribusi terhadap penyelenggaraan pendidikan berkualitas.

“Kenyataan yang kita hadapi selama ini dukungan orangtua murid dan masyarakat terhadap pendidikan masih tergolong kecil atau rendah, khususnya tentang aspek akademik,” katanya.

Demikian pula halnya dengan dukungan aspek nonakademik, seperti sarana prasarana dan dana, lebih-lebih dalam era sekarang sedang digaungkan pendidikan gratis. “Akibatnya sekolah tidak dapat memperbaiki sekolah, meskipun hanya sekedar mengganti atap yang memerlukan dana sangat kecil,” ujarnya, Rabu (3/5/2023).

Ia menambahkan bahwa untuk percepatan peningkatan kualitas sekolah melalui pemenuhan delapan standar nasional pendidikan (SNP), diperlukan upaya penggalangan dukungan orangtua murid dan masyarakat, serta stakeholder untuk mengembangkan, membangun dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Hal ini mutlak diperlukan mengingat pemerintah dan pemerintah daerah masih memiliki keterbatasan, dalam memberikan dukungan semua kebutuhan sekolah untuk semua sekolah. Hal ini perlu dukungan masyarakat, agar bersedia dan turut mendukung lembaga pendidikan adalah isu yang akan digunakan. (*)

Exit mobile version