Acara Perpisahan Siswa Kelas 12 MAN 3 Padang Meriah

HARIANHALUAN. ID – Acara perpisahan siswa kelas 12 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang di aula madrasah tersebut Rabu (24/5/23) berlansung meriah. 

Penampilan kesenian, pencak silat dan lainnya spontan mendapat pujian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar H. Helmi dan Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Padang H. Edy Oktafiandi dalam sambutannya.

Dikatakannya Kakanwil umumnya madrasah dalam penampilan kesenian diiringi musik yang direkam, namun di MAN 3 Padang musiknya ori alias dimainkan langsung oleh guru dan siswa.

Helmi dalam sambutannya diselingi sejumlah pantun meminta siswa yang tamat harus bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Jangan hanya sampai tamat MAN saja.

Dia menyebutkan pepatah yang berbunyi “ Berburu ke padang datar dapat rusa belakang kaki. Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi”.

Malah Kakanwil menyampaikan pilihan masuk ke madrasah sudah tepat, sebab mata pelajaran di madrasah punya nilai lebih dari sekolah lainnya. Khususnya pelajaran agama yang lebih banyak materi dan mata pelajarannya.

Helmi juga memuji sejumlah prestasi diraih MAN 3 Padang baik akademik maupun ekstrakurikuler. Hal itu tak terlepas dari peran Kepala MAN 3 Padang bersama unsur pimpinan, majelis guru, pegawai tata usaha dan pengurus komite bersama orangtua/ wali siswa.

“Kini minat masuk madrasah semakin tinggi. Maka kepala madrasah harus mampu menjaga kepercayaan tersebut dengan peningkatan kualitas,” ajak Kakanwil dalam acara dihadiri Kakankemenag, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kankemenag Padang (DWP) Ny.Elnida Edy Oktafiandi, pengawas madrasah, Ketua Komite Jamaris Amir dan pengurus, Kepala MAN 3 Pafang Afrizal, pejabat dari Kecamatan Koto Tangah dan kelurahan serta undangan lainnya.

H. Edy Oktafiandi juga berharap siswa yang dilepas bisa melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Juga harus mampu menjaga nama baik madrasah mesikipun sudah menamatkan pendidikan di MAN 3 Padang.

Kepala MAN 3 Padang dalam hantaran katanya menyampaikan perhatian Kakanwil Kemenag Sumbar terhadap MAN 3 Padang sangat tinggi salah satu buktinya setiap diundang selalu hadir. 

Disebutkan Afrizal MAN 3 Padang berhasil mempertahankan akreditasi A. Malah nilainya meningkat dari 92 menjadi 93.  Tahun ini seluruh siswa kelas 12 yang berjumlah 344 orang berhasil menamatkan pendidikannya.

Turut memberikan memberikan sambutan dan laporan Ketua Panitia Perpisahan Robby yang juga salah seorang wakil kepala (Waka) MAN 3 Padang. (aye). 

Exit mobile version