Acara Perpisahan MAN 2 Padang Mendapat Pujian Kakanwil Kemenag Sumbar

HARIANHALUAN. ID – Acara perpisahan siswa kelas 12 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang tahun pelajaran 2022/2023 di gedung pertemuan UPGRI Sumbar, Minggu (28/5/23) berlangsung meriah. 

Perpisahan tersebut ditandai penyerahan siswa kelas 12 kepada perwakilan siswa dan orang tua/wali siswa oleh Kepala MAN 2 Padang. H. Akhri Meinhardi. 

Hadir Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar H. Helmi, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Padang H. Edy Oktafiandi, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sumbar Ny. H. Nazifah Helmi, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari Sumbar Amriman, pengawas madrasah, sejumlah kepala madrasah, pengurus komite, unsur pimpinan, guru, pegawai tata usaha MAN 2 Padang dan undangan lainnya. 

Kakanwil dalam sambutannya mengatakan siswa akan menjadi pengganti pelanjut cita-cita bangsa ini. Makanya harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. 

Kakanwil memuji prestasi MAN 2 yang telah banyak melahirkan inovasi, termasuk penataan acara perpisahaan yang dinilainya sangat baik. 

Siswa madrasah harus cerdas dan berakhlak mulia. Salah satu contoh berakhlak mulia adalah dengan tak mencoret baju ketika dinyatakan lulus. 

Kakanwil meminta siswa yang lulus untuk tetap bangga dengan almamaternya, meskipun sudah melanjutkan ke pendidikan. Begitu juga tetap menjaga jati dirinya sebagai lulusan madrasah. 

Kakankemenag Padang mengemukakan siswa MAN 2 Padang harus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang diraih selama ini. Maka semua pihak terkait harus bersama-sama untuk melaksanakan fungsinya masing-masing. 

Kepala MAN 2 Padang H. Akhri Meinhardi dalam laporannya menyebutkan perhatian khsusus terhadap siswa kelas 12 sehingga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri ternama. Tahun ini siswa kelas 12 lulus semuanya dengan jumlah 416 orang. 

MAN 2 Padang disamping fokus dalam proses pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan juga mengutamakan proses pembinaan karakter  siswa. Salah satu program unggulan adalah empat pilar, literasi karya tulis ilmiah, khutbah, penyelenggaraan shalat janazah dan tahfiz Al Quran. 

Dia juga mengemukakan perjuangan siswa belum berhenti dan lanjutkan ke perguruan tinggi. 

Kepala MAN 2 Padang juga memaparkan sejumlah prestasi diraih siswanya termasuk lulusan tahun ini diterima di perguruan tinggi negeri sebanyak 65 persen. 

Turut memberikan sambutan pengurus komite diwakili Mikardi Miyar. (aye). 

Exit mobile version