Sentuhan Unik dari Dokter Cilik untuk Kesehatan Anak

Parade dokter cilik di TK Alamqu Ainur Rahmah. Kehadiran dokter kecil diharapan akan mengkampanyekan lingkungan sehat di sekolah. Osniwati

PASBAR, HARIANHALUAN.ID – Anak-anak TK Alamqu Ainur Rahmah, Kabupaten Pasaman Barat, menggali pengetahuan tentang kesehatan melalui kehadiran dokter cilik yang menarik. Pada Jumat pekan lalu, puluhan dokter cilik memperlihatkan berbagai gerakan unik guna menjaga kesehatan.

Dalam upaya meningkatkan kesehatan di lingkungan sekolah, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di bawah bimbingan Bidan, Novia Sri Wahyuni, melibatkan peran dokter cilik.

“Kita semua berperan aktif dalam menciptakan lingkungan sehat di sekolah, dan UKS menjadi salah satu cara kami,” ujar Bidan Novia.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa dokter cilik yang menjadi perwakilan sekolah juga mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan sejak usia dini. Mereka mengajarkan gerakan penting seperti menyikat gigi, mencuci tangan, serta penanganan saat demam.

“Dokter cilik ini juga mengedukasi tentang jenis obat yang tepat saat kesehatan terganggu. Mereka juga memperagakan gerakan senam sehat dan lainnya,” tambahnya.

Tugas dokter cilik sendiri adalah menggerakkan dan membimbing teman-temannya dalam menerapkan prinsip-prinsip kesehatan di UKS. Mereka juga membantu petugas kesehatan dalam pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan penyakit (P3P).

Mereka diberikan pelatihan, mengamati kebersihan, mencatat laporan, serta membantu guru dalam hal-hal khusus.

“Dokter cilik bisa dikatakan sebagai motor penggerak kesehatan di lingkungan sekolah. Mereka dapat membantu diri sendiri dan orang lain,” tutur Bidan Novia. (ows)

Exit mobile version