UBH Terima Mahasiswa Baru Jalur Online

UBH

Calon mahasiswa Universitas Bung Hatta sedang melihat brosur penerimaan mahasiswa Bung Hatta, Senin (4/4/2022). PUTRI MERI YANTI PERTIWI

HALUANNEWS, PADANG — Universitas Bung Hatta (UBH) membuka penerimaan mahasiswa baru sejak 14 Februari 2022 melalui jalur online, dengan mengakses website www.spmb.bunghatta.ac.id.

“Penerimaan mahasiswa baru di UBH sudah dimulai 14 Februari sampai dengan 8 September 2022. Ada batasan penerimaan mahasiswa baru untuk masing-masing prodi. Untuk penerimaan mahasiswa baru, kita tidak punya fasilitas offline dalam pendaftaran, tapi pendaftaran bisa dibantu apabila calon mahasiswa ke kampus,” ujar Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta, Hendra Suherman kepada Harianhaluan.id, Senin (4/4/2022).

Ia mengatakan, untuk mengakses website penerimaan mahasiswa baru pelamar harus mengajukan pembelian formulir dengan menekan tombol “beli formulir” yang berada di website.

Setelah itu, pelamar mendapatkan username dan password yang belum diaktifkan, termasuk nomor rekening virtual BNI 46 untuk melakukan pembayaran, agar username dan password aktif.

Selanjutnya, pelamar membayar uang pendaftaran Rp250.000 (S1/D3) dan Rp135.000 (S2) melalui ATM, mobile banking atau internet banking, atau melalui teller. Dan pelamar bisa logis di http://spmb.bunghatta.ac.id menggunakan username dan password yang diberikan pada saat pengajuan formulir, kemudian melengkapi formulir pendaftaran.

Hasil seleksi dapat dilihat secara online di halaman http://bunghatta.ac.id atau langsung ke Kampus Proklamator 1 Universitas Bung Hatta, Jl. Sumatera, Ulak Karang, Padang.

“Apabila calon mahasiswa sudah log in, nanti akan disediakan halaman utama untuk cek progres pendaftaran yang ada di sebelah kanan dan menu yang harus dilengkapi sebelah kiri,” ucapnya.

Ia menambahkan, halaman selanjutnya pelamar diminta untuk mengisikan biodata lengkap pada form biodata, seperti nama, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, tanggal lahir sesuai ijazah, agama, pendidikan terakhir nomor handphone yang bisa dihubungi, email, nomor handphone orang tua atau wali, nama ayah, nama ibu, alamat orang tua atau wali, pendidikan ayah, pendidikan ibu, penghasilan ayah, penghasilan ibu, biaya studi, prestasi, serta dari mana sumber informasi penerimaan mahasiswa didapatkan.

Selanjutnya calon mahasiswa diminta untuk melengkapi biodata sekolah sesuai ijazah yang didaftarkan. Setelah itu calon mahasiswa diminta untuk memilih jurusan maksimal dua jurusan, pilihan pertama dan pilihan kedua. Pastikan jurusan yang pertama adalah jurusan yang paling diminati pelamar.

Pelamar wajib men-upload foto dengan pas foto formal atau pas foto ijazah sekolah sebelumnya, berlatar belakang merah atau biru. Dan cetak bukti pendaftaran, jika formulir sudah dilengkapi semua dan status progres sudah lulus seleksi, maka peserta dapat mencetak bukti pendaftaran yang akan menjadi bukti pendaftaran peserta pada waktu verifikasi data atau daftar ulang mahasiswa. (*)

Exit mobile version