MAN 1 Padang Laksanakan Deseminasi Lanjutan Implementasi Kurikulum Merdeka

HARIANHALUAN. ID – Tim penyusun Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) dan guru mata pelajaran kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padang mengikuti deseminasi lanjutan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) di raung pertemuan madrasah tersebut, Sabtu (10/6/23).

Kegiatan tersebut dihadiri  Kepala Kantor Kementerian Agama ( Kakankemenag) Padang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah ( Penmad) Farhan Furqani, pendamping IKM BK MAN  Padang dari Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Muhammad Kosim, pengawas madrasah, Depi Dasmal. 

Dalam kata sambutannya, Farhan menyatakan kurikulum tersebut merupakan hal baru dan berkemungkinan akan terasa berat. Tapi bila dilaksanakan dengan ikhlas tentu akan terasa mudah.

“Barangkali terasa berat, tapi para pendidik kelas X akan mendapatkan hal baru sehingga diharapkan dapat menjadi tutor bagi para pendidik lainya dalam menjalankan kurikulum baru ini,” katanya.

Kepala MAN 1 Padang, Marliza mengatakan acara tersebut adalah lanjutan dari kegiatan sebelumnya untuk penyusunan capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan penyusunan modul pembelajaran.

Dalam paparan materinya, Muhammad Kosim mengatakan jangan pesimis dalam pelaksanaan kurikulum merdeka.  Cukp banyak kalangan begitu pesimis karena pelaksanaannya sama saja dengan kurikulum sebelumnya.

“Seharusnya, untuk mengikuti perkembangan zaman, kurikulum harus berubah sekali empat tahun. Sedangkan kurukulum tahun 2013 sudah dipakai selama 10 tahun dan harus berubah untuk mengikuti perkembangan zaman,” jelasnya.

Kosim, panggilpan akrabnya mengatakan pada kurikulum merdeka, guru merdeka dalam berbuat tetapi bertanggung jawab dengan yang diajarkannya.

“Guru dalam mengajar merdeka sesuai dengan minat, kebutuhan dan potensi peserta didik. Siswapun merdeka belajar sesuai dengan potensi, minta dan kebutuhannya,” jelasnya.

Di akhir sesi desminasi IKM BK ini, masing-masing kelompok mata pelajaran mempresentasikan hasil kerjanya dan diberi masukan oleh kelompok mata pelajaran lainnya.(aye) 

Exit mobile version