Yayasan Thawalib Padang Panjang Bangun Gedung Baru Sekolah RAA di Tanah Wakaf

HARIANHALUAN.id – Yayasan Thawalib Padang Panjang membangun gedung baru untuk sekolah Raudhatul Athfal Al Quran (RAA) Thawalib di tanah wakaf yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Balai Balai Kota Padang Panjang.

Pembangunan gedung baru sekolah RAA tersebut sebagai komitmen Yayasan Thawalib dalam memanfaatkan tanah wakaf yang diterima dari keluarga Albar pada awal September lalu.

Bendahara Yayasan Thawalib H Fauzan, Rabu (4/10/2023) mengatakan, setelah pihak Yayasan Thawalib menerima tanah wakaf dari keluarga Albar, maka dirancang pemanfaatan tanah tersebut yang lokasinya di daerah strategis di kota Padang Panjang.

“Hasil pembahasan di internal Yayasan Thawalib mulai dari pengurus, pembina dan pengawas sepakat pemanfaatan tanah wakaf diantaranya dengan membangun gedung sekolah, ” kata Fauzan.

Pada akhir Agustus sampai September lalu proses penyerahan tanah wakaf dari keluarga Albar lebih kurang 2.100 meter persegi. Proses ikrar wakaf di Kantor Urusan Agama Padang Panjang Barat.

Menurut Fauzan, diterimanya wakaf tanah tersebut adalah sebagai bentuk kepercayaan masyarakat terhadap Thawalib Padang Panjang.

“Dengan tanah wakaf yang diterima Yayasan Thawalib apalagi lokasi tanah sangat strategis di tengah kota Padang Panjang ini sebagai gambaran kepercayaan masyarakat terhadap Thawalib Padang Panjang, ” jelas Fauzan.

Setelah proses ikrar wakaf dari keluarga Albar, maka Yayasan Thawalib membuat perencanaan pemanfaatan tanah wakaf tersebut.

Gedung Sekolah Baru RAA Thawalib

Salah seorang pengurus Yayasan Thawalib Fahmi menambahkan, dibangunnya gedung sekolah RAA Thawalib di atas tanah wakaf tersebut melalui berbagai pertimbangan dan kajian yang dilakukan Yayasan Thawalib.

“Alhamdulillah semua elemen di Yayasan Thawalib sepakat pemanfaatan tanah wakaf dengan di bangun gedung sekolah RAA Thawalib, ” ujarnya.

Menurut Fahmi, untuk unit pendidikan RAA Thawalib sudah ada gedung sekolahnya di Jalan H Agus Salim kelurahan Guguk Melintag, satu kampus dengan unit sekolah Thawalib Putri.

Untuk pengembangan sekolah RAA serta wali murid yang anaknya sekolah di RAA Thawalib adalah warga Padang Panjang, Batipuh X Koto, maka dengan lokasi baru di tengah kota akan memudahkan bagi masyarakat yang menyekolahkan anaknya ke RAA Thawalib.

“Tujuan dibangun nya gedung sekolah RAA Thawalib di tanah wakaf tersebut sebagai upaya pengembangan terhadap RAA Thawalib, ” jelas Fahmi.

Proses pekerjaan pembangunan gedung baru sekolah RAA Thawalib direncanakan selesai sebelum tahun ajaran baru 2024. Sehingga murid baru RAA Thawalib nanti sudah bisa menggunakan gedung sekolah baru untuk proses belajar mengajar. (*)

Exit mobile version