175 Tendik PAUD Sijunjung Ikuti Workshop Implementasi P5

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyerahkan bantuan kepada anak-anak PAUD dari keluarga kurang mampu sebanyak 365 orang usai membuka workshop “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Selasa (14/11/2023). OGI

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.ID — Sebanyak 175 tenaga pendidik PAUD se-Kabupaten Sijunjung mengikuti workshop “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)”, Selasa (14/11/2023) di Gedung Pancasila Muaro dan dibuka Langsung oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir.

Bupati Sijunjung dalam arahannya mengatakan bahwa banyak hal yang telah dicapai dan sangat mengapresiasi Tenaga Pendidik (Tendik) PAUD Kabupaten Sijunjung yang  selalu teratas dalam mendidik anak usia dini.

“Terbukti dengan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar), Tendik PAUD Sijunjung di Provinsi Sumbar dan Perencanaan Berbasis Data (PBD) bahwa Sijunjung terdepan, sehingga Sijunjung menjadi contoh bagi kabupaten dan kota lain dalam dunia PAUD. Pertahankanlah dan kapan perlu ditingkatkan dimasa yang akan datang prestasi gemilang ini,” ujar Benny.

Dikatakannya, tendik PAUD yang ada  di TK negeri sudah berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), dan jika ada yang masih belum diangkat, mungkin dikarenakan masa dinasnya belum mencukupi.

“Saat ini TKN di Kabupaten Sijunjung berjumlah 22 unit, merupakan paling banyak di Provinsi Sumbar, masih ada delapan lagi TK swasta yang akan  dinegerikan. Semoga tahun depan tendiknya juga dapat diterima menjadi guru PPPK,” ujar bupati milenial tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Benny Dwifa juga mengucapkan selamat kepada Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung,  yang telah meraih penghargaan dari Kemendikbudristek dalam pelaksanaan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan Minggu lalu di Jakarta.

Menurut Bupati Benny, peran bunda PAUD adalah sebagai simbol sekaligus mitra utama dalam gerakan nasional transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, sehingga anugerah itu bisa didapatkan untuk Kabupaten Sijunjung.

“Tendik yang hadir sekarang adalah perwakilan dari tendik PAUD se-Kabupaten Sijunjung. Jadi, ikutilah kegiatan ini dengan seksama, tertib dan santai, sehingga nanti bisa diterapkan dan diimbaskan pengalaman yang diperoleh saat ini kepada teman-teman yang lain di lapangan atau di lingkungan masing-masing,” kata bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki menyampaikan berbagai hal terkait dengan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Kepada peserta workshop, kita minta untuk mengikuti acara ini dengan serius dan nanti juga akan mengimbaskan kepada teman-teman minimal di lembaganya masing-masing,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Benny juga berkenan menyerahkan bantuan kepada murid PAUD berasal dari keluarga kurang mampu sebanyak 365 orang yang dibagi perkuota setiap kecamatan. Masing-masing murid tersebut menerima bantuan sebanyak Rp400.000 perorang.

Hadir dalam acara pembukaan workshop, yakni Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kabid PAUD dan staf, penilik dan Ketua Gugus PAUD Kecamatan. (*)

Exit mobile version