20 Mahasiswa UNP KKN di Nagari Salimpek

KABUPATEN SOLOK, HARIANHALUAN.ID – Pj Wali Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Muhammad Riza menerima kedatangan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Salimpek.

Riza meminta mahasiswa melaksanakan program yang telah direncanakan agar dikolaborasikan dengan pemerintah nagari dan masyarakat.

“Kolaborasi penting, libatkan semua pihak, dan hasilnya akan berdampak terhadap masyarakat,” kata Riza dalam sambutannya saat menerima kedatangan mahasiswa KKN UNP di aula kantor Wali Nagari Salimpek, Senin (8/1/2024).

Sebanyak 20 mahasiswa KKN UNP dari berbagai jurusan mengikuti program KKN di Salimpek berdasarkan surat Sekratariat Daerah Kabupaten Solok nomor 411.32/18/DPMN-2024 perihal pelaksanaan KKN UNP periode Januari-Juni 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 8 Januari sampai 8 Februari 2024. Lokasi penempatan mahasiswa ditempatkan pada empat jorong, yaitu jorong Salimpek, Taratak Baru, Sungai Talang, dan jorong Sibua-bua.

“Nagari Salimpek terdiri dari 7 jorong. Mahasiswa yang melaksanakan KKN sebanyak 20 orang, demi optimalnya kita bagi 5 orang per jorong, atas dasar itu kita tempatkan di 4 jorong, setelah kita koordinasikan dengan seluruh kepala jorong” ucap Riza yang merupakan alumni fakultas pertanian Unand.

Riza mengatakan bahwa pembagian mahasiswa per jorong berdasarkan jurusan dengan memperhatikan potensi di masing-masing jorong.

“Contohnya di Jorong Sibua-bua, karena ada pariwisata tubing, kita tempatkan mahasiswa jurusan perhotelan. Di Taratak Baru ada SMP kita tempatkan mahasiswa pendidikan disana, begitu juga di jorong lainnya dengan memperhatikan potensi mahasiswa” kata Riza.

Dosen pembimbing KKN UNP Nagari Salimpek, Iip Permana mengatakan bahwa ini kegiatan ini adalah rangkaian dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Tri Dharma perguruan tinggi ada tiga, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat. Sekarang ini dilaksanakan adalah pengabdian kepada masyarakat, maka laksanakanlah pengabdian dengan baik kepada masyarakat,” kata Iip.

Iip mengatakan bahwa jurusan mahasiswa yang melaksanakan KKN diantaranya pendidikan ekonomi, teknik elektro industri, pendidikan geografi, ilmu administrasi negara, pendidikan sosiologi, manajemen perhotelan.

Kemudian ada juga jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga, pendidikan agama Islam, pendidikan PAUD, pendidikan sendratasik, pendidikan kimia, penjaskesrek, PGSD, ilmu keolahragaan, pendidikan fisika, pendidikan bahasa inggris, teknik pertambangan, dan pendidikan kepelatihan olahraga.

Selain itu, Iip berharap bahwa mahasiswa benar-benar melaksanakan kegiatan KKN dan menghormati kearifan lokal masyarakat di Nagari Salimpek.

“Terimakasih kepada Pak Wali dan jajaran telah menerima kami, mohon dibimbing mahasiswa kami selama berada di Salimpek, kepada mahasiswa tolong dihormati kearifan lokal disini,” pungkas Iip. (*)

Exit mobile version