Lantik 20 Anggota PKS MAN 1 Sijunjung, Zamrinaldi: Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalulintas

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.ID –Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Sijunjung, AKP Zamrinaldi melantik 20 anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sijunjung, Senin (22/1/2024).

Pelantikan anggota PKS tersebut diawali dengan upacara bendera dan memakaikan atribut kelengkapan PKS berupa rompi, topi pet, pluit, tali pluit dan lampu lalin kepada perwakilan anggota PKS MAN 1 Sijunjung, yang nantinya dipergunakan saat melaksanakan tugas di lapangan.

Dalam amanat Kapolres Sijunjung yang dibacakan oleh Kasatlantas, para pelajar diminta untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang mengarah pada tindakan kriminal, serta pelanggaran hukum dan dengan adanya program PKS ini diharapkan akan membantu memperlancar arus lalu lintas di sekitar lingkungan madrasah.

Kasatlantas juga menuturkan dengan dilantiknya siswa yang dipercayakan menjadi anggota PKS diharapkan mampu menjadi contoh bagi siswa lainnya, sehingga ke depan membawa dampak positif dalam meningkatkan kedisiplinan, terutama di MAN 1 Sijunjung.

“Harapannya anggota PKS dapat memberikan contoh bagi teman-temannya, baik saat berkendara di jalan mau pun kedisiplinan di sekolah,” ujar Kasatlantas.

Pada kesempatan itu, Zamrinaldi mengingatkan kepada para pelajar supaya jangan mengendarai kendaraan secara ugal -ugalan dan tidak menggunakan helm. Pasalnya, bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Lebih penting lagi, para anggota PKS ini sebagai penunjang kesuksesan madrasah dan generasi penerus yang menjadi pelopor disiplin tertib berlalu lintas.

“Selain itu, penggunaan aksesoris berlebihan pada kendaraan yang mengganggu pengguna jalan lainnya ataupun kenyamanan, seperti penggunaan knalpot brong (berisik) tidak diperbolehkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Sijunjung, Deswita mengungkapkan bahwa pergantian anggota PKS MAN 1 Sijunjung ini dilakukan dalam upaya penyegaran dan karena anggota yang lama telah memasuki jenjang akhir pendidikan.

“Siswa kelas XII digantikan oleh adik-adiknya supaya lebih fokus dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir nasional,” ucapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Sijunjung, Bobby Roespandi, majelis guru, serta siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Sijunjung. (*)

Exit mobile version