Siswa MAN 1 Bukittinggi Ikuti Asesmen Keagamaan

KET FOTO : Siswa kelas XII  MAN 1 Kota Bukittinggi mengikuti asesmen keagamaan, Jumat (15/3).Ist

BUKITINGGI, HARIANHALUAN.ID – Siswa kelas XII  MAN 1 Kota Bukittinggi mengikuti asesmen keagamaan, Jumat (15/3). Dalam kegiatan ini, siswa diuji kemampuannya dalam berpidato dan berkhotbah.

Kepala MAN 1 Bukittinggi Zulfadhli Alfa menyampaikan, pada kegiatan asesmen ini siswa perempuan mengikuti ujian pidato dan siswa laki-laki diuji dalam kemampuan berkhotbah. 

Asesmen dilaksanakan di ruang kelas mulai pukul 08.00 WIB atau setelah sholat dhuha. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Menurut Zulfadhli, kegiatan asesmen keagamaan ini sangat penting bagi siswa karena  bagian dari pembentukan karakter dan keimanan siswa.  Ia juga menekankan bahwa aspek keagamaan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan moral dan spiritual siswa, serta mengarahkan mereka menjadi generasi yang berakhlak mulia dan bertakwa kepada Allah SWT.

Untuk itu, kegiatan asesmen ini tidak hanya sebagai ujian keterampilan berbicara di depan umum, tetapi juga sebagai wadah bagi siswa untuk menggali dan mengekspresikan pemahaman mereka tentang nilai-nilai keagamaan yang telah mereka pelajari selama ini. 

“Diharapkan melalui asesmen keagamaan ini, siswa dapat menunjukkan kemampuan mereka dalam memahami, menginterpretasikan, dan mengaplikasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat,” ujar Zulfadhli.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa kegiatan asesmen keagamaan ini menjadi salah satu upaya MAN 1 Kota Bukittinggi dalam memastikan bahwa pendidikan agama di sekolah tidak hanya menjadi mata pelajaran formal, tetapi juga menjadi sarana pembentukan karakter dan kepribadian yang kokoh berlandaskan nilai-nilai agama.

“Semoga hasil asesmen ini dapat menjadi tolak ukur kemajuan dan kualitas pendidikan keagamaan di sekolah,” tuturnya. (*)

Exit mobile version