AGAM, HALUAN — Sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, Universitas Negeri Padang (UNP) bekerja sama dengan para pemangku kepentingan pendidikan di Kabupaten Agam kembali menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan dan Implementasi Pembelajaran Kelas Digital Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics).
Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 13 Guguk Randah, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, dari bulan Juli hingga November 2024, dan diikuti oleh sebanyak 270 guru SD di Kecamatan IV Koto.
Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi guru dalam mengintegrasikan metode STEM ke dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka.
Selain itu, para guru juga diperkenalkan dengan teknologi kelas digital sebagai salah satu inovasi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital yang semakin berkembang pesat. Dengan menghadirkan teknologi ini, diharapkan proses pembelajaran di kelas menjadi lebih interaktif, menarik, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di abad ke-21.
Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. Melva Zainil, M.Pd. sebagai Ketua Pelaksana, didukung oleh anggota tim pengabdian lainnya, yaitu Dea Stivani Suherman, M.Pd., Atika Ulya Akmal, M.Pd., serta mahasiswa pengabdian Nurzhila Azkiyah dan Sisri Wahyuni.
Para peserta juga mendapatkan materi dari narasumber yang kompeten di bidang pendidikan, antara lain Metrianis, M.Pd., pengawas sekolah Kota Bukittinggi; Junaidi Panusunan, S.Pd.I., M.A., Kepala SD Negeri 12 Padang Besi Kota Padang; Ainil Nilam Suri, M.Pd., Guru Penggerak Kota Bukittinggi; serta Ary Kiswanto Kenedi, M.Pd., dosen Universitas Samudra. Mereka memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya metode STEM dan pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran.
Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Dr. Melva Zainil, M.Pd. menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan upaya strategis untuk memfasilitasi para guru dalam menyusun pembelajaran berbasis STEM dan memanfaatkan teknologi digital secara maksimal.