Hari Pertama Operasi Patuh Singgalang 2022, Satlantas Padang Kandangkan 16 Unit Kendaraan

Operasi patuh singgalang

Teks Foto: Satlantas Polresta Padang melaksanakan Operasi Patuh Singgalang 2022 di depan Mapolsek Padang Timur, Senin (13/6/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Satlantas Polresta Padang mengamankan 14 unit kendaraan roda dua dan dua unit roda empat pada hari pertama Operasi Patuh Singgalang 2022, Senin (13/6/2022).

Operasi Patuh Singgalang 2022 digelar di depan Mapolsek Padang Timur. Tidak kendaraan saja yang dikandangkan, petugas Satlantas Polresta Padang pun menilang sebanyak 21 berkas STNK dan 21 SIM.

Kasat Lantas Polresta Padang, AKP Alfin menjelaskan, pada hari pertama Operasi Patuh Singgalang 2022 ada sekitar 58 penindakan yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Padang. Ada SIM dan STNK yang ditilang dan ada juga kendaraan roda dua dan roda empat yang dikandangkan di Mapolresta Padang.

“Operasi Patuh Singgalang 2022 dilaksanakan selama 14 hari dimulai Senin 13 Juni sampai Minggu 26 Juni 2022,” ujarnya.

Alfin menyebutkan, tujuan Operasi Patuh Singgalang ini untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam hal berlalu lintas. Selain itu, juga menurunkankan dan meminimalisir pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, serta fatalitas korban kecelakaan.

Selain itu, kata Alfin, ada tujuh sasaran prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas pada Operasi Patuh Singgalang 2022, yakni pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi masih di bawah umur, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, pengendara tidak menggunakan helm SNI atau menggunakan safety belt, pengemudi kendaraan dalam pengaruh mengonsumsi alkohol, pengendara melawan arus dan pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

“Kami mengimbau kepada pengendara untuk mentaati peraturan berlalu lintas. Sebelum bepergian, agar cek terlebih dahulu kelengkapan kendaraan jika tidak mau berurusan dengan kepolisian,” tuturnya. (*)

Exit mobile version