Selain Curah Hujan Tinggi, Ternyata Ini Penyebab Banjir Melanda Kota Padang

Selain Karena Hujan Deras, Banjir di Padang Disumbang Pasang Air Laut

HARIANHALUAN.id – Hujan deras sepanjang Kamis malam hingga Jumat pagi (13-14/7/2023) mengakibatkan terjadinya banjir di Kota Padang. Tidak saja karena hujan deras, pasang air laut juga ikut menjadi penyebab terjadinya banjir hebat di Padang.

“Tidak saja karena hujan yang cukup deras, tetapi juga diakibatkan pasang air laut,” ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa saat meninjau korban banjir di Padang Selatan, Jumat (14/7/2023) siang.

Diakuinya, pasang air laut merupakan fenomena alam yang selalu terjadi. Serta patut diwaspadai oleh masyarakat. Terutama bagi mereka yang berada di pesisir pantai.

“Rata-rata rumah warga yang berada di pesisir pantai berada di kerendahan,” ujar Hendri Septa.

Pasang air laut yang terjadi saat banjir pada Jumat dinihari terbilang cukup tinggi dari biasanya. Ketinggian pasang air laut mencapai 1,5 meter lebih.

“Di pinggiran pantai rata-rata dataran rendah di bawah permukaan laut. Jadi ini juga jadi penyebab. Artinya ketika airnya mau dibuang ke laut, tetapi air laut lagi pasang,” sebutnya.

Sisi lain Hendri Septa mengatakan bahwa Pemerintah Kota Padang meminta bantuan mesin pompa air/alat penghisap air ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Alat ini dinilai akan sangat membantu dalam mengatasi banjir yang melanda Kota Padang seperti saat ini.

“Pompa air ini memang solusi terbaik mengatasi banjir seperti ini. Dan saya sudah memintanya kepada BNPB. Mudah-mudahan tahun ini bisa diberikan. Sehingga ketika terjadi banjir, air bisa cepat dibuang ke laut,” tuturnya.(*)

Exit mobile version