Helikopter ICCS Tertembak Jatuh, 2 Orang Pasukan Indonesia Diatasnya

ILUSTRASI, Helikopter di tembak jatuh.

Saigon, April – Sebuah pesawat Helikopter yang sedang mengangkut anggota2 komisi internasional pengawasan gencatan Vietnam (ICCS) dan awak pesawat berkebngsaan Amerika dalam penerbangan ke sebuah pangkalan di perbatasan Laos diduga keras telah tertembak jatuh hari Sabtu (8 April 1973 – Red), demikian suatu sumber ICCS mengatakan.

Sekalipun Helikopter itu secara resmi dinyatakan hilang, sumber itu mengatakan sang pilot menyampaikan pesan lewat radio dalam bahasa Inggris …. I am hit, I am going down!

Nasib dari penumpang dan awak belum diketahui.

Sebuah Helikopter lain yang juga dalam penerbangan dari Huwe ke Lao Bao sebuah camp pangkalan ICCS di perbatasan Laos diduga keras berhasil menyelamatkan diri.

Diketakan Heli yang hilang itu diduga keras membawa 2 orang anggota pengawas dari Indonesia dan sejumlah pengawas dari Hongaria dan Polandia.

Tidak diketahui apakah anggota dari Kanada berada di dalamnya. Dikatakan selanjutnya, Ketua ICCS Jend. Dharsono dari Indonesia akan menemui delegasi Vietcom untuk mengetahui dan menyelidiki apa yang sedang terjadi.

Lao Bao adalah sebuah dari 3 tempat masuk yang diusulkan oleh komunis, terletak kira-kira 400 mil sebelah utara Saigon. Di sebelah selatan bekas daerah bebas militer. (ant)

BERITA INI TELAH DITERBITKAN KORAN HARIAN UMUM NASIONAL HALUAN EDISI 9 APRIL 1973 DENGAN JUDUL “Helikopter ICCS Tertembak Jatuh, 2 Orang Pasukan Indonesia di Atasnya”. KEMUDIAN DITULIS ULLANG DENGAN NARASI YANG SAMA OLEH PENULIS PEMULA BERBAKAT, AMANDA ALTHAFUNNISA R (SISWI SMPN 8 PADANG)

Arsip Koran Harian Umum Nasional Haluan
Exit mobile version