Tabrakan Maut Beruntun di Jalinsum, Dua Sopir Tewas di Tempat

Tabrakan maut

Satlantas Polres Sijunjung saat melakukan olah TKP Kecelakaan beruntun di Jalan Lintas Sumatera Km 99-100, Selasa (26/3/2023) di Jorong Simancung, Kenagarian Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan dua dilarikan ke RSUP M Djamil Padang. IST

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.ID – Dua truk Fuso dan satu kendaraan minibus terlibat tabrakan maut beruntun di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di Jorong Simancung, Kenagarian Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Selasa (26/3/2024) sekitar pukul 01.30 WIB.

Akibat kecelakaan tersebut dua orang dinyatakan meninggal dunia dan arus lalulintas dari Sijunjung menuju Solok, maupun sebaliknya terhambat dan dilakukan buka tutup jalur akibat posisi kendaraan yang berada di badan jalan, serta tumpahan minyak yang berserakan akibat kecelakaan tersebut.

Kasatlantas Polres Sijunjung, AKP Dani Salman yang dikonfirmasi membenarkan telah terjadi laka lantas di Jalinsum 90-100 km dari Padang, lokasi Jorong Simancuang, Nagari Padang Sibusuk, pada Selasa dinihari.

“Tabrakan maut beruntun terjadi antara mobil truk tangki Hino dengan nopol BK 9881 EL yang dikemudikan oleh Muhammad Awli Harahap (21), warga Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut, dengan truk tangki Mitsubishi BA 8797 AO yang dikemudikan Kamarudin (64), warga Kandang Baru, Kecamatan Sijunjung, serta mobil minibus Toyota Avanza BA 1078 FM yang dikemudikan Ilham (40), warga Kota Padang,” ujarnya.

Kasatlantas menjelaskan bahwa awal kejadian bermula saat truk tangki Mitsubishi BA 8797 AO dan mobil Toyota Avanza BA 1078 FM yang datang dari arah bersamaan, yaitu dari arah Kota Padang menuju Dharmasraya. Lalu, saat memasuki lokasi kejadian, truk tangki yang dikemudikan Kamarudin tersebut hendak mendahului kendaraan lain yang berada di depannya, yang diiringi Toyota Avanza BA 1078 FM yang dikemudikan Ilham.

“Pada saat bersamaan, datang dari arah berlawananan truk tangki Hino BK 9881 EL yang dikemudikan Muhammad Awli Harahap dan karena jarak kendaraan yang sudah terlalu dekat, maka kecelakaan pun terjadi di badan jalan sebelah kanan dari arah Kota Padang menuju arah Dharmasraya. Sedangkan Toyota Avanza BA 1078 FM menabrak bagian belakang truk tangki Mitsubishi yang dikemudikan Kamarudin,” ucapnya.

Akibat kejadian tersebut Pengemudi Truck Tangki Mitsubishi BA 8797 AO Nama Kamarudin dan Pengemudi Toyota Avanza dengan nopol BA 1078 FM bernama Ilham Meninggal Dunia. Sementara itu, Pengemudi Truck Tangki Hino BK 9881 EL bernama Muhammad Awli harahap dan Penumpang mobil Toyota Avanza bernama Aulia Khatib mengalami luka luka dan dibawa ke Puskesmas Kupitan dan dirujuk ke RSUP M Djamil Padang.

Kasatlantas juga kembali mengimbau kepada para pengguna jalan lintas Sumatra, agar tetap selalu berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan baik siang maupun malam hari mengingat situasi dan kondisi jalan, serta cuaca.

“Perhatikan rambu lalulintas dan kondisi jalan yang dilalui, pakai sabuk keselamatan, serta lengkapi dokumen kendaraan anda dan mengemudilah dengan hati hati,” tuturnya. (*)

Exit mobile version