Amrizal Dt. Rajo Medan Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Partai Demokrat Dharmasraya, Pilkada 2024 Mulai Terendus?

HARIANHALUAN.id – Musyawarah Cabang (Muscab) serentak Partai Demokrat (PD) Kabupaten Dharmasraya memilih Amrizal Dt Rajo Medan, secara aklamasi sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Dharmasraya, Minggu (17/07) di salah satu hotel di Bukittinggi.

Muscab partai berlambang mercy serentak pada satu tempat itu digagas oleh Ketua PD Sumbar Mulyadi sehabis pelantikannya beberapa lalu di Padang.

“Alhamdulillah secara aklamasi terpilih Amrizal Dt Rajo Medan sebagai Ketua PD Kabupaten Dharmasraya,” ungkap Plt.Ketua PD Dharmasraya, H Gusrial, kepada Haluan melalui WhatsApp-nya, kemaren.

Dijelaskannya, terpilihnya mantan Wakil Bupati Dharmasraya periode lalu itu sangat demokratis dan sudah mengikuti aturan partai yang ada.”Tidak ada protes dan pelanggaran dari aturan partai,” imbuhnya.

Semenjak kekosongan pimpinan partai yang definitif katanya, ia diamanahkan memimpin partai tersebut sebagai pelaksana tugas karena akan menghadapi agenda Pilkada pada waktu itu, sekarang sudah ada ketua definitif.

Pantauan Haluan di lapangan, semenjak Amrizal Dt Rajo Medan, mundur dari Partai Hanura yang mengantarkannya menjadi Wabup Dharmasraya berpasangan dengan Sutan Riska Tuanku Kerajaan, ia menyeberang ke Partai Besar Golkar sebagai Sekretaris Partai Golkar.

Namun sepertinya Amrizal Dt Rajo Medan di partai berlambang pohon beringin itu mati kartu. Pasalnya pucuk pimpinan partai tersebut adalah Adi Gunawan yang juga mantan Bupati Dharmasraya.

Secara politik Adi Gunawan tidak akan rela memberikan peluang terhadap Amrizal Dt Rajo Medan menggunakan fasilitas yang ada pada partai besar itu. Pasalnya Adi Gunawan baik secara aturan maupun secara moril masih punya peluang dalam agenda politik.

Misalnya saja saat ini terjadi kekosongan kursi Wabup Dharmasraya. Sebagai partai pengusung, Golkar punya peluang besar untuk itu. Sudah jelas secara politik Adi Gunawan tidak akan memberikan kesempatan kepada Amrizal Dt Rajo Medan, karena secara hitung hitungan politik, kursi Wabup akan memuluskan ia pada agenda Pilkada 2024 mendatang.

Sepertinya langkah langkah itu terbaca oleh Amrizal Dt Rajo Medan, maka ia menyeberang sebagai orang nomor satu di PD Dharmasraya. Jelas pada agenda Politik 2024, ia akan mudah untuk menjadi calon bupati dari partai berlambang mercy itu, minimal ia punya nilai tawar yang tinggi.(*)

Penulis: Maryadi

Exit mobile version