Ini 9 Nama Balon Presiden Pilihan PAN: Ada dari Ketum Partai, Menteri dan Gubernur

HARIANHALUAN.id – Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional (Rakernas PAN)  merekomendasikan 9 nama calon presiden (capres) yang akan diusung di Pemilu 2024. Sembilan nama itu berasal dari elite partai, menteri, hingga kepala daerah.

Usulan nama-nama itu dibacakan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat penutupan Rakernas di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/08/22). Zulhas menyebut nama-nama ini merupakan hasil yang telah dimusyawarahkan di rakernas.

PAN telah melaksanakan ‘Program PAN Memilih’ untuk calon-calon kepemimpinan nasional. Mekanisme demokrasi yang dijalankan partai amanat nasional adalah melakukan penjaringan aspirasi rakyat di tingkat akar rumput melalui mekanisme partai, yaitu di rapat kerja daerah (rakerda) PAN di 514 kabupaten atau kota. Prosesnya sangat demokratis. Tanpa adanya tekanan atau paksaan. Semua kader dapat mengusulkan aspirasi rakyat melalui forum rakerda,” kata Zulhas.

Setelah itu, hasil keputusan rakerda PAN dibawa ke tingkat rapat kerja wilayah (rakerwil) di 34 provinsi. Suasananya sungguh dinamis dan demokratis. Keindahan dalam perdebatan dan kebebasan berpendapat mewarnai proses itu. Selanjutnya, hasil rakerwil pan di bawa ke rapat kerja nasional (rakernas) PAN, hari ini,” lanjut Zulhas.

Berikut nama-nama bakal capres pilihan PAN yang dikelompokan dalam 3 klaster;

Pertama dari klaster ketua umum Partai Politik

  1. Airlangga Hartarto (Golkar).
  2. Puan Maharani (PDIP).
  3. Zulkifli Hasan (PAN).
  4. Suharso Manuarfa (PPP).

Kedua yakni klaster menteri hanya satu nama yaitu;

Ketiga klaster kepala daerah ada 4 nama yang diusulkan yakni;

Sumber: Detik.com

Exit mobile version