Kesbangpol Pasaman Barat Gelar Sosialisasi Pembinaan Parpol

Kesbangpol Pasbar

Peserta sosialisasi pembinaan parpol foto bersama dengan Wakil Bupati Pasaman Barat sesaat setelah pembukaan di auditorium kantor bupati setempat, Kamis (8/9/2022). Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Sosialisasi Pembinaan Partai Politik (Parpol), Kamis (8/9) di Auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat (Pasbar). 

Kegiatan dibuka Wakil Bupati Risnawanto didampingi stakeholer terkait. Risnawanto mengatakan, dana bantuan hibah bagi partai politik di Kabupaten Pasaman Barat sebesar Rp1,63 miliar. Ia berharap, dana bantuan tersebut dapat digunakan dengan sebaik mungkin. 

“Penggunaan bantuan hibah yang akan diberikan kepada 12 partai politik yang ada di Kabupaten Pasaman Barat menurut jumlah perolehan suara di masing-masing partai. Artinya sesuai porsinya, yaitu 60 persen untuk pelaksanaan pendidikan partai politik dan 40 persen untuk operasional,” katanya.

Partai politik, lanjutnya, memiliki peran yang sangat penting dan maksimal. Negara yang aman, nyaman dan stabil ditentukan juga oleh partai politiknya baik secara nasional maupun di daerah. Ia berharap, pemerintah daerah bersama partai politik bekerja sama dalam membuat program yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.

“Kami pemerintah daerah menaruh harapan kepada 12 parpol bergandengan tangan membuat program yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Dengan kebersamaan ini adalah penentu stabilitas politik di Kabupaten Pasaman Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Budaya Politik Kesbangpol Rafika Ikhtiari menyebutkan, peserta sosialisasi berjumlah 36 orang yang terdiri dari tiga orang masing-masing pengurus partai politik penerima bantuan hibah partai politik Tahun 2022. Narasumber kegiatan dari Inspektorat, BPKD, dan Badan Kesbangpol Pasbar. (*)

Exit mobile version