Bawaslu Pesisir Selatan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 50 orang berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengikuti kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu serentak 2024 di ruang Hotel Sago Murni Painan, Jumat (30/9/2022).

Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif tersebut dengan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan”. Kegiatan itu dibuka oleh Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison didampingi Sekretaris Rinaldi dan pengurus lainnya.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh Ketua PGRI Pessel, Kacabdin Wilayah II Kabupaten Pessel, Kepala Disduikcapil Pessel, Kaban Kesbangpol Pessel, Kakan Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan dan Ketua PWI Pessel, para wali nagari, tokoh masyarakat dan dari unsur tokoh pemuda yang ada di Pessel.

Erman Wadison dalam paparannya mengajak para peserta ikut berkontribusi dalam pengawasan pemilu serentak yang akan datang, guna menciptakan pemilu yang aman dan berintegritas.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pengawasan pemilu serentak 2024 tersebut tidak tertutup kemungkinan terjadi pelanggaran, terutama pada saat pencoblosan, kampanye partai, terjadinya mony politik dan lainnya.

Hal tersebut cukup rawan terhadap pelanggaran. Untuk menciptakan pemilu yang Jujur dan Adil (Jurdil), serta bebas dari gangguan sangat dibutuhkan dukungan partisipasi semua pihak, terutama dalam pengawasan, pengamanan, tanpa dukungan masyarakat tentu pemilu yang jurdil tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Sedangkan pada pelaksaaan pesta demokrasi pemilu serentak itu, Bawaslu kabupaten, kecamatan, nagari dan kampung, diharapkan akan dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang.

“Para petugas yang telah ditunjuk akan menjalankan fungsinya dengan baik sesuai dengan aturan hukum, guna menciptakan pemilu yang berintegritas dan bermatabat,” ujarnya.

Kepada masyarakat juga diharapkan dukungan partisipasi melakukan pengawasan pemilu di daerahnya. “Bila terjadi pelanggaran pemilu diminta untuk segera melaporkan kepada pihak Bawaslu, sedangkan pelapor dijamin kerahasiannya,” kata Erman. (*)

Exit mobile version