Bawaslu Pariaman Gelar Rakor dan Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu 2024

Bawaslu Pariaman

Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan mebuka secara resmi rapat koordinasi dan fasilitasi penyelesaian sengketa proses Pemilu Tahun 2024 bersama partai politik di Kota Pariaman, Rabu (5/10/2022). Yuhendra

HARIANHALUAN.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman gelar rapat koordinasi (rakor) dan fasilitasi penyelesaian sengketa proses pemilu Tahun 2024 bersama partai politik.

“Rapat koordinasi ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Bawaslu untuk pencegahan, karena ke depan dalam pelaksanaan pemilu kami mengedepankan upaya pencegahan,” kata Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan di Pariaman, Rabu (5/10/2022).

Saat ini, kata Riswan, tahapan yang sedang berjalan adalah pendaftaran dan verivikasi partai calon peserta pemilu, setelah itu akan dilanjutkan dengan pendaftaran bakal caleg dari masing-masing partai politik.

“Saat itu nanti akan ada penetapan yang akan dikeluarkan oleh KPU, baik itu daftar caleg sementara atau daftar caleg tetap. Di ranah ini sering terjadi sengketa,” katanya.

Untuk itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan partai politik bagaimana sengketa itu tidak terjadi, karena jika ada sengketa tentu juga akan menjadi penghambat berjalanya tahapan pemilu lainnya.

“Kalau ada sengketa ini partai politik pun juga akan terkuras tenaganya. Untuk itu, kami melakukan kegiatan ini supaya tidak terjadi sengketa nantinya,” kata Riswan.

Pihaknya juga tidak melarang atau menghilangkan hal dari peserta pemilu untuk mengajukan sengketa, namun pihaknya menyampaikan ini jauh-jauh hari agar tidak ada permasalahan yang terjadi.

“Di Pariaman belajar dari pemilu sebelumnya, memang tidak ada sengketa yang diajukan oleh peserta pemilu,” ujarnya.

Riswan menyampaikan, sengketa pemilu itu ada dua jenis yaitu antar peserta pemilu dan antara peserta pemilu dengan penyelengara pemilu dalam hal ini KPU.

Pada kegiatan itu, Bawaslu Kota Pariaman menghadirkan Ketua Bawaslu Provinsi Sumbar periode 2017 sampai 2022, Surya Efitrimen sebagai pemateri. “Pemilu 2024 tahapanya sudah berjalan saat ini, untuk itu Bawaslu harus gencar melakukan sosialisasi tentang aturan-aturan, sehingga masyarakat dan peserta pemilu itu benar-benar paham dengan aturan yang ada,” kata Surya.

Kalau masyarakat dan peserta pemilu itu sudah paham dengan aturan-aturan itu, maka dalam tahapan yang saat ini sedang berjalan masyarakat akan lebih antusias dalam memperhatikan tahapan yang sedang berjalan ini.

“Langkah Bawaslu Pariaman hari ini sudah pas, dengan mengundang partai politik untuk melakukan rapat koordinasi ini,” ujarnya. (*)

Exit mobile version