42 Panwaslucam se-Kabupaten Tanah Datar Dilantik, Hamdan: Diminta Jaga Koordinasi dengan Unsur Forkopimca

HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 42 panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) se-Kabupaten Tanah Datar resmi dilantik di Batusangkar, pada 28 Oktober 2022.

Panwaslu kecamatan tersebut dilantik oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Datar, Hamdan usai melewati sejumlah proses rekrutmen.

Hamdan berharap seluruh anggota yang dilantik untuk berkomitmen mengawal Pemilu Serentak 2024.

“Kami ingatkan lagi setelah bapak ibu yang diambil sumpah, kembali ke kecamatan masing-masing dan laksanakan kerja pengawasan yang tahapannya sudah dilakukan baik, penting untuk memegang SIMP (Soliditas, Integritas, Mentalitas, Profesional) yang akan jadi kunci keberhasilan dalam menjalankan tugas,” katanya.

Selain itu, Hamdan juga mengingatkan para panwaslu kecamatan untuk bekerja sama dengan Forkopimca.

“Bapak ibu dari sekarang silahkan langsung berkoordinasi dengan Forkopimca di kecamatan, kita sudah minta izin ke pak bupati untuk membantu ini agar komunikasi bapak ibu itu lancar di kecamatan, karena tidak pemilu yang sukses itu yang hanya dilakukan oleh penyelenggara pemilu saja, kalau tidak dibantu oleh unsur pemerintah, kepolisian, TNI, tokoh masyarakat apapun ormas ini tidak akan terlaksana,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Tanah Datar, Eka Putra yang turut hadir dalam agenda tersebut.

“Atas nama pribadi dan pemerintah kami mengucapkan selamat atas dilantiknya panwaslu kecamatan se-Kabupaten Tanah Datar, semoga panitia yang telah dilantik dapat bekerja dalam menyukseskan pemilu 2024 nanti,” ucapnya.

Menurut bupati, panwaslu di bawah Bawaslu bekerja sama dengan KPU Tanah Datar memiliki peran penting dalam kesukseskan pemilu.

“Suksesnya dan tingkat kepercayaan terhadap pemilu bergantung pada kinerja panwaslu, Bawaslu bekerja sama dengan KPU dan pihak terkait lainnya. Kami berharap panwaslu dapat mempelajari dan mempedomani aturan dan tatib untuk mengawal pemilu yang rangkaiannya sudah dimulai tahun ini,” ujarnya.

“Jangan lupa atas sumpah, disipilin, semangat, banyak tantangan di lapangan. Panwaslu diminta untuk netral dalam menjalankan tugasnya,” tuturnya.

Turut hadir dalam agenda tersebut Ketua DPRD Tanah Datar, Kajari Tanah Datar, Wakil Rektor UIN Batusangkar, Kodim 0307 Tanah Datar, Polres Tanah Datar, Pengadilan Negeri, Ketua KPU Tanah Datar, Kemenag Tanah Datar, Kominfo Tanah Datar, camat se-Kabupaten Tanah Datar dan lainnya. (*)

Exit mobile version