Bawaslu Sumbar Lantik 573 Anggota Panwaslucam

Bawaslu Sumbar

HARIANHALUAN.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatra Barat (Sumbar) melantik 573 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) di seluruh kecamatan yang ada di Sumbar, Jumat (28/10/2022). Mereka bekerja melakukan pengawasan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Sumbar, Alni mengatakan bahwa hampir sebagian besar Bawaslu kota dan kabupaten sudah melakukan pelantikan anggota panwaslucam pada Jumat 28 Oktober 2022.

“Dalam jadwalnya, pelantikan dapat dilakukan dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 2022. Namun sebagian besar mereka melakukan pelantikan Jumat,” ujarnya.

Alni mengatakan, jumlah kecamatan di Sumbar sebanyak 179 dan untuk satu kecamatan ada tiga anggota panwaslucam yang terpilih dan dilantik. Kemudian untuk jumlah keterwakilan perempuan anggota panwaslucam yang dilantik tersebut tidak mencapai 30 persen dan ini hampir terjadi di sebagian besar kecamatan di Sumbar.

“Ada juga yang di beberapa kecamatan anggota panwaslucam ini memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen, bahkan ada dua orang perempuan di satu kecamatan,” katanya.

Lebih jauh Alni mengatakan, panwaslucam ini akan diberikan bimbingan teknis agar bekerja sesuai aturan undang-undang mulai dari pengawasan tahapan pemilu, seperti pemutakhiran data pemilih, pengawasan kampanye, pengawasan distribusi kelengkapan pemilu dan lainnya.

“Selain itu, mereka juga akan menjalankan tugas yang diberikan Bawaslu Sumbar dan Bawaslu Padang. KPU juga dapat melibatkan panwaslucam dalam tahapan verifikasi faktual keanggotan partai politik,” ucapnya. (*)

Exit mobile version