Lantik PPK Solok Selatan, Nila Puspita: Jika Melanggar Segera Laporkan

PPK Solok Selatan

Salah satu perwakilan PPK menandatangani komitmen dan fakta integritas saat pelantikan PPK oleh KPU Solok Selatan di Hotel Pesona Alam Sangir, Solok Selatan, Rabu (4/1). KIKI NOFRIJUM

HARIANHALUAN.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik sebanyak 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Solok Selatan dan sekaligus memberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait penguatan tugas dan tanggungjawab PPK di Hotel Pesona Alam Sangir, Solok Selatan, Rabu (4/1/2023).

Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita menegaskan, apabila salah satu dari 35 PPK yang telah dilantik ada yang melanggar dan bekerja tidak sesuai aturan, KPU Solok Selatan siap menerima laporan dan menindaklanjutinya melalui tanggapan masyarakat.

“Di sini kami menyampaikan juga kepada pihak kecamatan khususnya, jika mereka ada yang melanggar dan bekerja tidak sesuai aturan, seperti adanya keterlibatan PPK dengan parpol maupun dalam bentuk pelanggaran lainnya, maka mereka berhak ditegur langsung atau dilaporkan kepada pihak KPU agar selanjutnya bisa kami menindaklanjutinya,” katanya.

Nila Puspita juga melanjutkan, agar berjalan lancar dan suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, KPU Solok Selatan mengharapkan dukungan dari pihak kecamatan untuk saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyukseskan Pemilu 2024 oleh PPK yang telah dilantik tersebut.

“Kita mengharapkan dukungan penuh dari Pemkab Solok Selatan untuk pelaksanaan Pemilu 2024 ini nantinya. Apalagi adanya resesi global yang akan turut berdampak terhadap pemilu, makanya kami sangat menekankan agar PPK dapat menunaikan tugas dan tanggungjawabnya dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan, optimalisasi terhadap tugas dan tanggungjawab PPK sendiri harus dijalankan. Sebab, Pemilu 2024 mendatang setidaknya akan memiliki beban kerja yang berat mengingat adanya resesi global yang memiliki potensi tantangan yang cukup tinggi.

“PPK akan memiliki beban kerja yang cukup menantang nantinya. Makanya, PPK juga harus menyosialisasikan kinerja dan tugasnya terkait pemilu ini agar dapat berjalan lancar. Apalagi sebelumnya tingkat partisipasi masyarakat Solok Selatan pada penyelenggaraan pemilu menjadi yang tertinggi. Dan untuk selanjutnya tentu kita tetap menginginkan yang terbaik,” ujarnya.

Kemudian menyikapi Pemilu 2024, Ketua DPRD Solok Selatan tersebut juga meminta agar berkompetisi politik secara suka ria, tanpa menyisakan masalah di berbagai pihak masing-masing parpol maupun yang lainnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi turut menyampaikan dukungan penuhnya atas pelantikan PPK tersebut. Ia mengharapkan, agar PPK dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik demi kelancaran dan kesuksesan Pemilu 2024.

“Sebanyak 18 parpol siap akan berkompetisi pada perhelatan Pemilu 2024 nanti. Kami dari Pemkab Solok Selatan berpesan agar KPU khususnya PPK dapat menjalankan tugas dengan baik dan benar sesuai peraturan perundang-undangan. Adanya informasi manis, pahit, maupun yang sifatnya memprovokasi jangan ditelan seluruhnya. Sikapilah dengan baik dan bijak,” katanya.

Apalagi sebelumnya tingkat partisipasi masyarakat Solok Selatan dalam pemilu menjadi yang tertinggi dan kebanggaan. Pemkab Solok Selatan mengharapkan agar prestasi tersebut dapat dipertahankan dan dapat menyukseskan Pemilu 2024 secara cerdas dan bijak. (*)

Exit mobile version