Menyongsong Pilkada 2024, Elektabilitas Eka Putra Tertinggi di Tanah Datar

Tunjangan Hari Raya

Eka Putra

HARIANHALUAN.ID –  Direktur Eksekutif Liberte Institute, Indrayadi menyebutkan jika Eka Putra, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Tanah Datar adalah figur dengan popularitas dan elektabilitas tertinggi jelang Pilkada 2024 mendatang.

“Eka Putra memiliki popularitas 97 persen dan elektabilitas 63,8 persen. Belum ada lawan yang sebanding dengan beliau untuk Pilkada Tanah Datar,” ujar Indrayadi, Minggu (5/3/2023) malam.

Jika dilihat data survei, popularitas Eka Putra mencapai 97,1 persen diikuti Betty Shadiq Pasadigoe 82,8 persen dan Richi Aprian 74,3 persen, kemudian Anton Yondra, Roni Mulyadi dan Allex Saputra.

“Dari 97 persen, sebanyak 74,5 persen masyarakat suka dengan Eka Putra. Sedangkan Betty Shadiq Pasadigoe dari 82,8 persen yang suka sebanyak 28,5 persen suka, lalu Richi Aprian yang suka sebanyak 24,3 persen,” kata Indrayadi.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan pihaknya pada rentang waktu 16 sampai 22 Februari 2023. Dari elektabilitas bakal calon Bupati Tanah Datar dari tujuh nama-nama yang mengapung yang berkemungkinan maju sebagai bakal calon bupati, Eka Putra masih menjadi idola dominan.

“Jika responden ditunjukkan tujuh nama, Eka Putra tetap menempati urutan pertama dengan 65,3 persen, diikuti oleh Richi Aprian 7,9 persen, Betty Shadiq Pasadigoe 6,5 persen, Anton Yondra 4,8 persen, Rony Mulyadi 2,2 persen dan Saidani 1,9 persen,” ucapnya.

Dalam rilis berdasarkan survei tersebut, jika seandainya Eka Putra berhadapan dengan pasangannya saat ini Richi Aprian yang menjabat sebagai wakil bupati, Eka Putra jauh lebih unggul dan diminati dengan persentasi 72 persen, sementara Richi Aprian hanya 9,3 persen.

Menurut responden yang diwawancarai, mereka memilih kembali Eka Putra karena menilai figur yang baik dan disukai oleh masyarakat. Kemudian juga dikenal merakyat dan peduli dengan masyarakat.

“Melihat popularitas dan elektabilitas, Eka Putra paling tinggi. Dan jika setahun jelang pilkada seorang incumben elektabilitasnya di atas 60 persen, dalam sejarah pilkada di Indonesia, belum pernah ada yang kalah. Dan saya memprediksi Eka Putra akan melenggang memimpin Tanah Datar dua periode,” tuturnya.

Di sisi lain, pada survei tersebut juga muncul beberapa nama yang dianggap berpotensi menjadi wakil bupati mendampingi Eka Putra, seandainya tak berpasangan lagi dengan Richi Aprian. Di antaranya, Betty Shadiq Pasadigoe, Anton Yondra, Roni Mulyadi Dt Bungsu, Allex Saputra dan Irvan Amran. (*)

Exit mobile version