Satu dari 18 Bacalon DPD RI Dapil Sumbar Mengundurkan Diri

KPU Sumbar terima pengunduran diri bacalon DPD atas nama Irfendi Arbi, Minggu (14/5). FARDIANTO

HARIANHALUAN.ID – Satu dari 18 bakal calon (bacalon) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat (Sumbar) atas nama Irfendi Arbi mengundurkan diri dari percaturan politik.

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani mengatakan, pihaknya sudah menerima surat pengunduran diri dari Irfendi Arbi sebagai bacalon DPD RI. Dikatakannya, Irfendi Arbi menyerahkan surat pengunduran diri di Injury Time atau hari-hari terakhir pendaftaran.

“Hari ini (kemarin) terakhir pendaftaran. Dari 18 bacalon DPD satu mengundurkan diri, dan 17 bacalon lainnya sudah mendaftar dan dinyatakan lengkap dan diterima,” katanya.

Sebelumnya, kata Yanuk, KPU Sumbar menetapkan 18 bacalon DPD RI pada Pemilu 2024 dari dapil Sumbar. Mereka yang ditetapkan setelah dinyatakan lulus verifikasi faktual syarat dukungan.

Setelah para bakal calon DPD menyampaikan berkas pendaftaran, KPU akan memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan yang disampaikan melalui aplikasi sistem informasi pencalonan (silon).

“Setelah pendaftaran persyaratan ini. Kita akan lakukan verifikasi administrasi persyaratan calon yang dilakukan pada 15 Mei hingga 23 Juni,” ujarnya.

Kemudian, jika ada berkas pencalonan belum lengkap, KPU akan menyampaikannya kepada bakal calon yang bersangkutan. Masa perbaikan penyerahan persyaratan calon yang dilakukan pada 26 Juni hingga 9 Juli 2023.

“Masih ada tahapan-tahapan yang akan dilakukan bacalon DPD hingga penetapan DCT Anggota DPD yaitu pada 3 November 2023,” ujarnya.

Terpisah, Irfendi Arbi menyampaikan dirinya telah menyerahkan surat pengunduran diri secara sah ke KPU Sumbar, dan akan maju untuk mencalon DPR RI. 

“Saya tidak jadi maju untuk DPD RI, dan saya serahkan surat pengunduran diri ke KPU Sumbar. Namun saya telah memantapkan hati untuk maju sebagai calon anggota DPR RI melalui Partai NasDem,” ucapnya.

Untuk diketahui, 17 bacalon yang mendaftarkan diri sebagai bacalon Anggota DPD RI dalam pemilu serentak 14 Februari 2024 mendatang, yaitu Abdul Aziz, Cerint Iralloza Tasya, Desrio Putra, Dirri Uzhzhulam, Emma Yohanna, Hendra Irwan Rahim.

Kemudian, Irman Gusman, Jelita Donal, Jhoni Afrizal, Leonardy Harmainy, Mevrizal, Muslim M Yatim, Nurkhalis, Rifo Darma Saputra, Yonder WF Alvarent, Yong Hendri dan Yuri Hadiah. (fdi)

Exit mobile version