PDIP Susun Strategi Menangkan Capres Ganjar Pranowo di Sumbar

HARIANHALUAN.ID – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumatera Barat (Sumbar) masih menyusun langkah dan strategi untuk memenangkan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 di Sumbar.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPD PDIP Sumbar Alex Indra Lukman saat mengantarkan daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada Kamis (11/5) lalu.

“Nanti itu (upaya pemenangan), sedang disusun, ini kan baru dideklarasikan Capresnya oleh Ketua Umum PDIP. Sekarang partai juga sedang menyusun seperti apa program sosialisasi Pak Ganjar sambil menunggu masa tahapan kampanye,” ujarnya.

Alex Indra Lukman mengatakan, dijadwalkan kader PDIP akan diundang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ke Gelora Bung Karno pada Juni mendatang. “Nanti pada bulan Juni pada bulan bung karno kami juga akan dikumpulkan DPP PDIP di gelora bung Karno,” katanya.

Ketika ditanyai soal aspirasi kader terhadap bakal calon wakil presiden (Bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo, Alex menyebut kader PDIP juga masih menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Menurutnya, tipologi PDIP adalah sebelum ada keputusan pasti akan terjadi dialektika dan dinamika, siapa saja boleh mengusulkan. Namun, pada saatnya akan menjadi keputusan Ketua Umum dan semua kader partai sudah terbiasa, terlatih, terdidik untuk tegak lurus dengan keputusan tersebut.

“Tentang berbagai rumor Bacawapres, itu adalah hak konstitusi bagi yang ingin mengusulkan atau menerima usulan tersebut, karena UU menyatakan bahwa siapapun berhak untuk dipilih dan memilih, dengan arti kata siapapun berhak untuk dicalonkan sebagai apa,” ujarnya.

Sebelumnya, DPD PDIP Sumbar mendaftarkan 65 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2024. Berkas tersebut telah diterima dan dinyatakan lengkap oleh KPU Sumbar.

“Berkas 65 Bacaleg DPRD Sumbar mencakup delapan dapil telah diterima KPU, mudah-mudahan berkas bisa diproses dan tidak ada kendala, daftar caleg tetap (DCT) ditetapkan,” katanya saat konferensi pers.

 Alex juga mengatakan, 65 Bacaleg yang didaftarkan merupakan kader-kader yang terbaik. Menurutnya, dari komposisi Bacaleg yang didaftarkan telah memenuhi affirmative action atau 30 persen kuota perempuan.

“Kami memohon doa dan dukungan masyarakat Sumbar dalam rangka PDIP mengikuti pemilu 2024. Makanya kami harapkan Caleg yang diusung nanti untuk menang,” ucapnya.

Lebih jauh Alex mengatakan, sejauh ini Pemilu yang dilaksanakan di Sumbar selalu mengedepankan suasana kontestasi dengan azas kekeluargaan atau badunsanak. Untuk itu, ia berharap saat Pemilu 2024 suasana politik di Sumbar tetap kondusif seperti kontestasi sebelumnya. (fdi)

Exit mobile version