Pilkades Serentak di Sawahlunto Berakhir, 4 Petaha Tumbang

HARIANHALUAN.ID – Sembilan desa di Kota Sawahlunto mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan pada Rabu (17/5/2023) lalu. Desa tersebut tersebar di tiga kecamatan, yaitu tiga desa di Kecamatan Silungkang, dua desa di Kecamatan Lembah Segar, dan empat desa di Kecamatan Talawi.

Adapun di Kecamatan Silungkang, yaitu Desa Silungkang Tigo, Desa Silungkang Oso dan Desa Taratak Bancah. Kecamatan Lembah Segar, yaitu Desa Pasar Kubang dan Desa Kubang Utara Sikabu. Serta Kecamatan Talawi, yaitu Desa Talawi Hilie, Desa Tumpuak Tangah, Desa Salak, dan Desa Sikalang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Sosial PMDPPA, Tri Syahputri menjelaskan, serangkaian proses tahan pilkades berlangsung aman dan terkendali.

“Alhamdulillah, prosesnya tidak ada kendala. Mulai dari pendaftaran cakades, penyampaian visi misi, pendistribusian surat suara, pemungutan suara hingga penghitungan suara. Mudah-mudahan yang terpilih bisa amanah demi kemajuan desa,” katanya.

Dia menjelaskan, dari sembilan desa, empat kepala desa petahana tumbang yakni Desa Sikalang, Desa Taratak Bancah, Desa Silungkang Oso dan Desa Kubang Utara Sikabu. Sementara Kepala Desa Talawi Hilie, Desa Salak, Desa Pasa Kubang dan Silungkang Tigo tidak maju. Hanya Kepala Desa Tumpauk Tangah yang terpilih kembali dengan kemenangan suara telak.

Dengan berakhirnya pilkades serentak tersebut berikut daftar kepala desa yang akan menjabat di desa masing-masing 6 tahun ke depan atau periode 2023-2029, yakni Rudi Guslianto di Desa Tumpuak Tangah (petahana), Fauzil Misbah Tompua Sakati di Desa Talawi Hilie, Jeri Rizal di Desa Salak, Lambang Wicaksono di Desa Sikalang.

Selanjutnya, Mukhlis di Desa Pasa Kubang, Yulhendri Efendi di Desa Kubang Utara Sikabu, Arben di Desa Taratak bancah, Ferdinal di Desa Silungkang Oso dan Nelly Evita Desa di Silungkang Tigo. (*)

Exit mobile version