Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Gandeng Majelis Taklim se- Kota Padang

Bawaslu saat menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama majelis taklim se- Kota Padang, Senin (22/5). FARDI

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama majelis taklim se- Kota Padang, di Hotel Trumtum Padang, Senin (22/5).

Kegiatan yang bertemakan, Optimalisasi Peran Masyarakat dalam Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 itu, tampak para peserta yang mayoritas adalah ibu-ibu majlis taklim ini sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan tersebut.

Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu Kota Padang Bahrul Anwar mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu agenda sosialisasi yang bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tugas pengawas pemilu serta mengajak peran masyarakat sebagai pengawas pemilu partisipatif dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Kegiatan ini tentang keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif. Kali ini kita khusus mengundang Badan Kontak Majelis Taklim  (BKMT) yang diwakili pengurus tingkat kecamatan dan Kota Padang,” ujarnya.

Dikatakannya, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 7 tentang Pemilu, Bawaslu mempunyai kewajiban untuk melibatkan masyarakat dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu.

Harapannya, katanya, dengan adanya kegiatan ini masyarakat paham aturan-aturan tentang kepemiluan. Kemudian, setelah lepas dari kegiatan ini bisa menyosialisasikan tentang bagaimana pelaksanaan pemilu di tengah masyarakat.

“Kita berharap juga masyarakat ini bisa memaksimalkan pencegahan terjadinya pelanggaran di tahapan pemilu di tengah-tengah masyarakat. Sebab, jika mengandalkan Bawaslu saja kita tidak bisa mencakup seluruh elemen masyarakat hingga ke tingkat terkecil. Sementara paling bawah satu orang di tingkat kelurahan,” ujarnya.

Lebih jauh Bahrul Anwar mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berkelanjutan. Sebelumnya kegiatan serupa juga sudah menggandeng kelompok-kelompok seperti ojek online, dan komunitas lainnya, dan bahkan membuat MoU dengan ormas dan OKP yang ada di Kota Padang.

“Kegiatan ini akan berlanjut terus hingga Pemilu 2024 dilaksanakan. Selanjutnya kita akan menggandeng komunitas lainnya seperti penggiat media sosial. Kita berusaha seluruh elemen kita ikutkan,” ujarnya didampingi Anggota Bawaslu Padang Firdaus Yusri.

Bahrul Anwar juga mengatakan, dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini, Bawaslu mendatangkan narasumber bervariasi, ada yang dari akademi, praktisi termasuk narasumber internal sendiri, baik Bawaslu provinsi dan Bawaslu Padang.

“Untuk itu, kami mengajak peran serta ormas dalam Pemilu 2024 agar lebih aktif dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menggunakan hak pilihnya,” ucapnya. (fdi)

Exit mobile version