Antisipasi Timbulnya Korban, Dewan di Padang Minta Pohon Pelindung Lapuk Ditebang

Petugas melakukan peremajaan pohon pelindung di dekat Jembatan Siteba Kecamatan Nanggalo, Kota Padang. Senin (17/7) YESI

HARIANHALUAN.ID – Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Boby Rustam meminta OPD terkait di Pemerintah Kota Padang (Pemko) terus bergerak merapikan pohon pelindung yang sudah lapuk di sepanjang jalan kota.

Dikatakan Boby, terkait permasalahan ini pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terutama dalam hal peremajaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Harapan kita masalah seperti ada warga yang tertimpa pohon tumbang saat hujan badai tidak terdengar lagi. Sehingga sebelum itu terjadi sudah diatasi. Mana pohon yang rapuh, lapuk harus ditebang agar tidak menimbulkan korban,” kata politisi Gerindra tersebut.

Ia juga mengapresiasi petugas yang terus berupaya melakukan pemangkasan pohon yang lapuk. Seperti yang terlihat pada hari Senin (17/7) di dekat Jembatan Siteba Kecamatan Nanggalo.

Selain itu dapat dilihat peristiwa-peristiwa alam yang dominan terjadi di Kota Padang adalah pohon tumbang dan banjir. Hal ini disebabkan Kota Padang berada di pinggir pantai yang berpotensi mengalami angin kencang akibat badai dan banyak daerah yang berada di dataran rendah sebagai resapan air, malah digunakan untuk pemukiman penduduk.

Sehingga upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pohon yang tumbang di Kota Padang, terutama pohon-pohon pelindung di sepanjang jalan adalah dengan melakukan perawatan serius. 

“Pentingnya program yang dilakukan secara reguler dalam melakukan perawatan pohon, sehingga pohon dapat tumbuh kuat, bersih dan rapi. Dengan demikian dapat mengurangi jumlah pohon yang tumbang dan korban yang mungkin ditimbulkan jika pohon tersebut tumbang,” katanya. (h/yes)

Exit mobile version