Bawaslu dan Polres Padang Pariaman Perkuat Sinergi Sukseskan Pemilu 2024

HARIANHALUAN.id – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat periode 2023-2028 terus berupaya membangun komunikasi antar instansi terutama dengan Kepolisian Resort Padang Pariaman, dalama rangka mewujudkan Pemilihan Umum 2024 berjalan sukses.

Rombongan audiensi Bawaslu ke Polres Padang Pariaman juga sekaligus bersilaturahim dengan jajaran komisioner Bawaslu yang baru. Rombongan terdiri dari Ketua Azwar Mardin, Indra Gunawan Kordiv HP2H, Irwandi kordiv P3S , Baiq Nila Ulfaini kepala Sekretariat dan beberapa Staf dan disambut langsung oleh Kapolres Padang Pariaman, Kamis (14/09/23).

Kapolres AKBP. Bagus Ikhwan, S.I.K.,M.H, menyambut baik audensi dari Jajaran Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman mengingat selain silaturahim juga terjalin komunikasi yang baik, mengingat kepolisian dan Bawaslu mitra kerja dalam pengawasan dan penindakan pelanggaran dalam Pemilu.

Selain itu, lanjut Azwar Mardin, sinergitas kepolisian yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian dalam menindak pelanggaran tindak pidana pemilu berjalan dengan baik.

Kapolres menyambut baik kunjungan silaturahmi tersebut. Dia berharap karena wilayah hukum di Padang Pariaman terdapat dua pembagian wilayah yakni Pariaman Kota juga dilakukan hal yang sama agar sinergitas juga terbangun dengan baik.

Harapan Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Azwar Mardin terhadap audensi dengan Kapolres dapat berKolaborasi yang Baik, agar dapat menjadi platform untuk membangun hubungan yang baik antara Bawaslu dan Kapolres.

“Ini penting untuk meningkatkan kerjasama dalam menjaga integritas pemilihan,” ujar mantan Walinagari III Koto Aur Malintang Padang Pariaman tersebut.

Selain itu, lanjutnya, pertukaran informasi terkait pemilihan, potensi pelanggaran, atau masalah keamanan yang relevan. Ini dapat membantu Bawaslu untuk lebih efektif dalam menjalankan tugas. Peningkatan Pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu juga untuk mendapatkan dukungan atau kerjasama dari Kapolres dalam meningkatkan pengawasan terhadap proses pemilihan agar berjalan lancar dan adil.

Hal yang lebih penting, lanjut Azwar Mardin, Kepatuhan Hukum Harapan bisa mencakup ketegasan dalam menegakkan hukum terhadap pelanggaran pemilihan dan upaya bersama untuk memastikan proses pemilihan sesuai dengan aturan.

“Mengenai keamanan dan ketertiban, Kapolres dapat memberikan perlindungan dan menjaga ketertiban selama pemilihan berlangsung,” harapnya.

Semua harapan tersebut bertujuan untuk menjaga integritas dan kelancaran pemilihan yang adil, bebas dari pelanggaran, dan aman bagi semua pihak yang terlibat. (*)

Exit mobile version