8.596 KPPS se-Tanah Datar Dilantik

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 8.596 orang petugas KPPS dari 1.228 TPS se-Tanah Datar dilantik dan diambil sumpahnya secara serentak di kantor kecamatan/nagari masing-masing.

Informasi ini diterima Haluan dari Ketua KPU Dicky melalui Koordinator Divisi Sosialisasi Ikhwan Arif usai melantik petugas KPPS di Kecamatan Batipuh. Dikatakannya bahwa saat ini secara serentak petugas KPPS itu diambil sumpahnya.

“Sekitar 8.596 petugas KPPS kita lantik sekarang, agar mereka bisa segera bertugas,” katanya, Kamis (25/1/2024).

Di samping itu, Ikhwan menjelaskan bahwa jika terjadi kemungkinan yang mengakibatkan mundurnya petugas tersebut, maka pihaknya sudah siapkan petugas cadangan untuk dinaikkan sebagai petugas pengganti.

“Kalau terjadi sesuatu yang tak diinginkan, misalnya ada petugas yang sakit ketika hari pencoblosan, maka kita akan siapkan petugas pengganti sesuai prosedur yang berlaku,” katanya.

Ikhwan juga mengimbau kepada para petugas agar menjaga integritas, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, sehingga dapat merusak nilai dari pemilu jujur dan adil itu sendiri.

“Kita pastikan para petugas agar menjaga netralitas dan integritas, serta tidak terlibat politik praktis, karena kalau terlibat tentu akan merusak nilai jurdil pada pemilu itu sendiri,” katanya. (*)

Exit mobile version