Bawaslu Padang Pariaman Kawal Pendistribusian Logistik Pemilu Sejak Hari Pertama

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman mengawal distribusi logistik Pemilu 2024 hingga sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk memastikan semua kebutuhan saat pemungutan suara dalam kondisi baik dan benar.

Hadir saat pelepasan pendistribusian logistik hari pertama dari gudang logistik KPU ini, Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Azwar Mardin, Komisioner KPU, Doni Eka Putra, Kapolres Padang Pariaman yang diwakili AKP Rachmat.

“Dalam pengawasan distribusi logistik sampai ke TPS, nanti kami akan melibatkan personel panwas kecamatan, panwas kelurahan dan pengawas TPS untuk memastikan semua dapat terdistribusi dengan baik dan benar,” kata Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Azwar Mardin saat melepas pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Gudang Logistik Limpato, Sabtu (3/1/2024).

Menurut mantan wali nagari ini, di Padang Pariaman terdapat 1.365 TPS yang tersebar di 17 kecamatan. Padang Pariaman tidak memiliki TPS lokasi khusus dan semuanya akan dilakukan pengawasan.

Ia mengatakan, dalam proses distribusi logistik ke TPS tersebut, logistik akan transit terlebih dahulu di kantor kecamatan kemudian ke nagari sebelum didistribusikan ke TPS.

“Hari pertama pendistribusian logistik ini adalah daerah pemilihan III, yakni Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Sungai Geringging, Sungai Limau dan Batang Gasan,” ujarnya.

Untuk kelengkapan logistik pada empat kecamatan tersebut, IV Koto Aur Malintang sudah lengkap, sedangkan tiga kecamatan lagi baru bilik suara, sedangkan kotak suara menyusul pada esoknya.

“kita sampaikan kepada panwascam dan PKD setempat untuk tetap mengawasi logistik tersebut secara bergantian,” ujar Azwar Mardin.

Ia menekankan, hal itu supaya logistik aman dari ganguan dari orang-orang yang menganggu jalannya pemilu, serta kemungkinan logistik rusak karena air hujan, dan sebagainya.

“Kepada panwascam dan PKD mulai hari ini tetap awasi logistik sampai didistribusikan ke TPS yang ada di kecamatan atau nagari masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Azwar, logistik Pemilu 2024 menjadi perhatian Bawaslu Padang Pariaman terutama terkait apakah sudah sesuai aturan atau belum dalam proses pengadaan dan distribusinya.

“Kami akan terus mengawal distribusi logistik ini hingga nanti distribusi di seluruh TPS yang ada di Padang Pariaman,” tuturnya. (*)

Exit mobile version