Puluhan Pasien di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar Tidak Bisa Coblos

RSUD Ali Hanafiah

Direktur RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, Nurman

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 99 pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ali Hanafiah Batusangkar tidak memberikan hak pilihnya dalam pergelaran pesta demokrasi terbesar Pemilu 2024 kali ini.

Data tersebut disebutkan Direktur RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, Nurman saat dihubungi Haluan, Rabu (14/2/2024) sore.

Dikatakan Nurman, saat ini rumah sakit yang dipimpinnya itu merawat sebanyak 99 pasien dengan kategori 79 orang dewasa dan 20 anak anak.

Saat dikatakan terkait prosedur pasien dalam memberikan hak pilih, direktur rumah sakit nan humanis itu menjelaskan bahwa pada dasarnya ia sudah melaporkan kepada pihak penyelenggara pemilu untuk memberikan fasilitas pemilu yang memadai bagi pasien di sini.

“Kemarin sudah kita laporkan ke KPU, bagaimana pasien kita bisa memberikan hak pilih, namun menurutnya penyelenggara pemilu tidak bisa memberikan penjelasan yang memuaskan baginya selaku pemimpin rumah sakit,” katanya.

Sementara Koordinator Pencegahan Bawaslu Tanah Datar, Zulman Hendrizal menjelaskan bahwa hal tersebut sudah ia koordinasikan dengan penyelenggara pemilu.

“Yang jelas kita sudah koordinasikan terkait persoalan ini bersama KPU. Dan itu juga melihat kemauan pasien jika memang mau memilih, maka disampaikan ke pihak keluarga dan pihak keluarga menyampaikan ke KPPS terdekat di RS bahwa pasien mau memilih. Jika memang permintaan itu tidak ada, maka tentu KPPS tidak tau,” ucapnya. (*)

Exit mobile version