Partai Demokrat Bukittinggi Bakal Isi Tiga Kursi DPRD

BUKITTINGGI, HALUAN – Partai Demokrat Kota Bukittinggi memastikan untuk sementara ini sudah mengantongi tiga kursi untuk DPRD pada Pemilu 2024.

Meski perolehan kursi tersebut belum diumumkan secara resmi oleh KPU, namun berdasarkan hasil hitungan sementara dari partai politik peserta pemilu, sudah bisa diprediksi total perolehan kursi yang didapat di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Sekretaris Partai Demokrat Kota Bukittinggi, Yerry Amiruddin mengatakan, berdasarkan dari hasil perhitungan suara sementara, sudah bisa dipastikan Demokrat Bukittinggi meraih satu kursi di masing-masing dapil.

Dengan rincian satu kursi di
Dapil Bukittinggi 1, yakni Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), satu kursi di Dapil Bukittinggi 2 yakni Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), dan saty kursi untuk Dapil Bukittinggi 3 yakni Kecamatan Guguak Panjang.

“Untuk sementara ini masih satu kursi per dapil dari tiga dapil yang ada di Bukittinggi. Tentu kita tunggu perolehan suara yang fix dari masing-masing partai untuk kepastian jumlah kursi,” ujar Yerry, Sabtu (17/2/2024).

Ia menjelaskan, total perolehan sementara suara Demokrat di Dapil 1 Kecamatan MKS sebanyak 3.287 suara. Dapil ini memperebutkan 11 kursi untuk DPRD Bukittinggi.

Kemudian untuk Dapil 2 Kecamatan ABTB, total perolehan sementara suara Demokrat adalah 2.547 suara. Dapil ini memperebutkan lima kursi untuk DPRD Bukittinggi.

Sementara untuk Dapil 3 Kecamatan Guguk Panjang, perolehan sementara suara Demokrat sebanyak 2.979 suara. Dapil ini memperebutkan sembilan kursi untuk DPRD Bukittinggi.

Melihat perolehan suara sementara di tiga tersebut, bisa pastikan tiga calon anggota legislatif dari Partai Demokrat akan mengisi kursi DPRD Bukittinggi untuk periode 2024-2029.

“Untuk pastinya kita tunggu hasil pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan. Bisa saja peroleh kursi Demokrat ini bertambah di salah satu dapil,” kata Yerry, calon anggota DPRD Bukittinggi yang meraih suara Demokrat terbanyak untuk Dapil 2 ABTB.

Ia menambahkan, pada Pemilu 2019 lalu Partai Demokrat Bukittinggi berhasil meraih empat kursi di DPRD Bukittinggi. Dengan perolehan empat kursi itu, maka satu dari tiga kursi unsur pimpinan DPRD menjadi milik Demokrat.

“Secara perolehan suara, Partai Demokrat meraih suara terbanyak kedua di Pemilu 2019. Namun secara perolehan kursi di DPRD, Demokrat nomor tiga karena memperoleh empat kursi di DPRD Bukittinggi, termasuk kursi wakil pimpinan,” tuturnya. (*)

Exit mobile version