Inilah 25 Caleg DPRD Kota Payakumbuh Pemenang Pemilu 2024

KPU Payakumbuh

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.ID – KPU Kota Payakumbuh telah melakukan penghitungan suara tingkat kota terhadap hasil Pemilu 2024 sepanjang Rabu (28/2/2024). Meski calon anggota dewan terpilih belum ditetapkan, tetapi dari pleno itu sudah diketahui siapa-siapa saja yang akan menduduki 25 kursi dewan Kota Batiah itu untuk periode 2024-2029 mendatang.

Dipastikan, gedung dewan bakal diisi wajah-wajah baru dari tiga daerah pemilihan di Kota Payakumbuh. Dari 25 anggota DPRD Kota Payakumbuh periode 2019-2024, hanya enam incumbent yang kembali menjabat untuk 5 tahun ke depan. Yaitu Wirman Putra (Golkar), Hamdi Agus (PKS), Heri Iswandi (PKS), Mesrawati (PAN), Sri Joko (Demokrat) dan Armen Faindal (Demokrat).

Berdasarkan hasil penghitungan itu, berikut partai politik peraih suara terbanyak serta 25 nama caleg peraih suara tertinggi dari partai politik peraih suara terbanyak. Partai Golkar dan Partai Nasdem mendapatkan masing-masing empat kursi, disusul oleh PKB, PKS, PAN, Partai Demokrat dan PPP masing-masing tiga kursi. Sisanya, Partai Gerindra dan PBB masing-masing satu kursi.

Ke-25 kursi caleg yang dipastikan terpilih itu, yakni Partai Golkar oleh Dahler dan Boy Sandi (Dapil Payakumbuh I), Wirman Putra (Dapil Payakumbuh II) dan Wirianto (Dapil Payakumbuh III). Partai Nasdem, yaitu Ainul Farhan J dan Irmaizar (Dapil Payakumbuh I), Febriadi (Dapil Payakumbuh II) dan Hurisna Jamhur (Dapil Payakumbuh III).

Kemudian, PKB Erlindawati (Dapil Payakumbuh I), Capt Harmen (Dapil Payakumbuh II) dan Afviandi (Dapil Payakumbuh III). PKS yaitu Hamdi Agus (Dapil Payakumbuh I), Heri Iswandi (Dapil Payakumbuh II) dan Jen Juldi Rozalim (Dapil Payakumbuh III). Selanjutnya, PAN Mesrawati (Dapil Payakumbuh I), Firman Salasa (Dapil Payakumbuh II) dan Ryan Made Hanesty (Dapil Payakumbuh III). Partai Demokrat, Sri Joko Purwanto (Dapil Payakumbuh I), Harmen Faindal (Dapil Payakumbuh II) dan Adi Surya Tama (Dapil Payakumbuh III).

Kemudian PPP, Fitrayanto (Dapil Payakumbuh I), Irman (Dapil Payakumbuh II) dan Toa Libra (Dapil Payakumbuh III). Sedangkan, partai yang mendapatkan satu kursi masing-masing Partai Gerindra oleh Mardion Fernandes (Dapil Payakumbuh I) dan PBB oleh Nasmi (Dapil Payakumbuh II).

Ketua KPU Kota Payakumbuh, Wizri Yasir mengatakan, usai dilakukan pleno, KPU Kota Payakumbuh menyerahkan hasil pemilu ke KPU Sumbar. “Pleno hasil pemilu sudah selesai. Nanti calon anggota DPRD terpilih akan ditetapkan,” kata Wizri. (*)

Exit mobile version