Sebagian Petahana Berguguran, Ini Wajah Baru di DPRD Tanah Datar

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.ID — DPRD Tanah Datar berjumlah 35 orang. Sebagian besar calon legislatif (Caleg) petahana berguguran pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Febuari 2024 lalu. Bisa dibilang setengahnya kandas dalam ” pertarungan”.

Hal itu terungkap dalam rapat pleno KPUD Tanah Datar rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil pemilu tahun 2024 tingkat kabupaten Tanah Datar, yang dipimpin Ketua KPUD Dicky Andrika, didampingi komisioner, petugas PPK, dan disaksikan oleh saksi partai peserta pemilu.

Rapat pleno yang berlangsung selama tiga hari, Selasa (27/2) hingga Kamis (29/2), di Emersia Hotel Resort Batusangkar itu, juga diawasi oleh Bawaslu setempat, dan personil polres serta kodim 0307 Tanah Datar.

Dari hasil perhitungan itu, Partai Golkar berhasil meraih kursi terbanyak, yakni 5 kursi, dari 4 kursi sebelumnya.

Kelima kursi tersebut, diisi oleh tiga caleg petahana yakni Anton Yondra (Dapil 4), Dedi Irawan (Dapil 3), dan Herman Sugiarto (Dapil 2). Dua kursi diisi caleg baru yakni Donal Martin (Dapil 1) dan Adrison Dt Parpatih (Dapil 3).

Partai Gerindra, dari enam anggota DPRD aktif yang maju kembali, dan satu maju ke DPRD provinsi.

Partai besutan Prabowo Subianto itu, berhasil meraih 4 kursi. Empat kursi itu, diisi oleh tiga caleg petahana, yakni Jonnedi (Dapil 1), Kamrita (Dapil2), dan Surva Hutri (Dapil 4), dan satu pendatang baru Mulyani (Dapil 3).

Partai Demokrat berhasil meraih 4 kursi. Namun, dari 4 kursi itu, dua diisi oleh caleg petahana dan dua caleg baru.

Dua caleg petahana, yakni Nurhamdi Zahari (Dapil 4) dan Syafril (Dapil 3), sedangkan caleg baru Wel Ahmad (Dapil 2) dan Darius (Dapil 1).

Selanjutnya, PKS meraih 4 kursi, dari 5 caleg petahana yang kembali bertarung. Keempat kursi itu, diisi dua caleg petahana dan dua caleg baru. Dua caleg petahana Nurzal Chan (Dapil 1) dan Saidani (Dapil 3), sedangkan caleg baru Adib Fadil (Dapil 4) dan Jamal Ismal (Dapil 2).

Nasib serupa juga dialami PPP, hanya meraih 3 kursi dari 4 caleg petahana, yang maju menuju parlemen.

Caleg petahana yang berhasil, Yalvema Jurin (Dapil 4), Agus Topik (Dapil 2), dan Zulhadi (Dapil 3).

Kabar mengejutkan datang dari Partai Nasdem, PKB, dan Ummat. Partai besutan Surya Paloh itu, berhasil menambah jumlah perolehan kursi, dari 3 caleg petahana yang bertarung.

4 kursi tersebut diisi dua caleg petahana Adrijinil Simabura (Dapil 2) dan Khairul Abdi (Dapil 4), serta dua caleg baru Junaidi (Dapil 3) dan Novriandi (Dapil 1).

Sama halnya dengan PKB. Sebagai pendatang baru, partai ini mampu menempatkan 3 orang calegnya di  DPRD. Ketiga caleg tersebut, Indra Gunalan (Dapil 1), Yonnarlis (Dapil 3), dan Zaiful Imra (Dapil 4).

Sedangkan Partai Ummat berhasil meraih 2 kursi di DPRD. Dua kursi itu akan ditempati oleh Masnefi (Dapil 4) dan H Herri Wildani (Dapil2).

Begitu juga PAN, masih tetap bertahan dengan 4 kursi. Keempat kursi itu diisi satu caleg petahana Beni Remon (Dapil 3), dan tiga caleg baru Hj Felly Endra (Dapil 2), Nofrizal Eri (Dapil 1) dan Iswandi (Dapil 4).

Sementara itu, PDIP dan Partai Hanura masing- masing meraih 1 kursi, Wendri Aswil (Dapil 1), dan Asrul Jusan (Dapil 1). (h/rhy)

Exit mobile version