Tokoh Potensial Koto Nan Ompek, Daftarkan Diri Sebagai Calon Walikota Payakumbuh ke PKB

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.ID- Salah seorang tokoh potensial dari Koto Nan Ompek yang berpeluang sebagai Walikota Payakumbuh Haji Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang mendaftarkan diri ke Partai Kebangkitan Bangsa pada Selasa (23/4/2024) kemarin.

Kandidat Walikota Payakumbuh periode 2024-2029 itu, orang pertama mengambil formulir pendaftaran di partai peraih suara terbanyak di Kota Payakumbuh tersebut.

Melalui Koordinator Tim Sahabat AL, Satria Bestari, mendatangi markas PKB Kota Payakumbuh bersama sejumlah tim lainnya. Kedatangan rombongan Almaisyar tersebut disambut hangat pengurus inti DPC PKB dan Dewan Syuro.

Ketua DPC PKB Kota Payakumbuh, Faisal Buchori menyampaikan, dari pusat partainya itu sudah menginstruksikan kepada pengurus partai di propinsi dan kota kabupaten untuk membuka pendaftaran bacalon kepala kaerah sejak Sabtu (20/4) lalu.

“Karena persiapan untuk penjaringan belum matang, sehingga baru bisa dibuka hari ini. Haji Almaisyar kandidat yang pertama mengambil formulir pendaftaran,” ujar Faisal.

Begitu juga disampaikan Ketua Dewan Syuro PKB Kota Payakumbuh, Hasmeldi Taufik, dengan sudah dibukanya pendaftaran dalam penjaringan calon kepala daerah, hal tersebut sekaligus tahapan demokrasi menuju pembangunan daerah.

Dewan Syuro PKB juga menepis isu yang berkembang adanya beberapa figur yang sudah mendapatkan rekomendasi dari PKB untuk maju Pilkada Kota Payakumbuh, hal tersebut tidaklah benar.

“Kami memastikan itu bohong yang klaim sudah dapat rekomendasi. Tahapan menuju kesana baru kita dimulai” lanjutnya.

Dijelaskannya lagi, setelah formulir diisi dan dikembalikan oleh kandidat ke Kantor DPC PKB serta apabila syarat dokumen terpenuhi, maka dilanjutkan rekomendasi ke DPW PKB Provinsi Sumbar.

“Dari tingkat Sumbar selanjutnya akan dikirim ke DPP PKB. Setelah di DPP, nantinya tingkat pusat akan melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Jika lolos maka kandidat akan diberikan rekomendasi tahap 1 dan diberikan kebebasan untuk bersosialisasi dan mencari pasangan termasuk mencari partai koalisi,” ujarnya lagi.

Sedagkan, kandidat Walikota Payakumbuh Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang akan mengikuti semua tahapan yang disyaratkan oleh PKB.

“Kita menghormati dan akan mengikuti semua proses yang telah ditetapkan oleh PKB untuk pendaftaran calon kepala daerah ini. Alhamdulillah saya jadi pendaftar pertama,” kata Almaisyar. (*)

Exit mobile version