Bakal Maju Pilwako Pariaman 2024, Genius Umar: Kebijakan Pariwisata Harus Berkelanjutan

Pilwako Pariaman

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Wali Kota Pariaman periode 2018-2023, Genius Umar digadang bakal maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Pariaman 2024.

Pada sesi bincang bersama awak media, Jumat (26/4/2024), mantan orang nomor satu di Kota Tabuik itu optimis melanjutkan kebijakan yang telah diterapkan pada masa pemerintahannya.

“Terutama di bidang pariwisata yang menjadi visi utama Kota Pariaman, perlu ada keberlanjutan. Kita harus memiliki atraksi baru untuk lima tahun ke depan,” kata Genius.

Sebelum menjabat wali kota, Genius sudah lebih dulu mendampingi Mukhlis Rahman sebagai wakil wali kota periode 2013-2018. Ia menyebut, pada masa itu pembangunan di bidang pariwisata sudah dimulai.

“Selama menjabat wakil, saya mempelajari berbagai potensi yang bisa dikembangkan. Oleh sebab itu, pada periode kemarin saya berhasil menjadikan pariwisata sebagai kebijakan utama, tapi itu baru fondasi,” ujarnya.

Ia menyebut, pada pemerintahan selanjutnya, sektor pariwisata harus lebih dikembangkan untuk membangun ekonomi masyarakat secara massal, menampung banyak tenaga kerja, serta membangkitkan UMKM.

“Kita akan membangun pariwisata yang lebih kompleks melalui museum perjuangan angkatan laut dari Kapal Teluk Bone yang dihibahkan Kemenhan tahun lalu. Kalau bisa, Kota Pariaman diusahakan masuk jajaran pengembangan wisata Mentawai,” ujarnya.

Genius menyebut, eks Kapal Perang Teluk Bone yang saat ini terparkir di Pantai Talao Pauh harus segera dimulai pengembangannya sebagai objek wisata dalam lima tahun ke depan.

Selain pariwisata, Genius Umar menekankan pengembangan beberapa sektor lain untuk pemberantasan kemiskinan di Kota Tabuik. Salah satunya, di bidang pendidikan yang sudah ia mulai melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

“Pendidikan gratis harus tetap dilanjutkan, kesehatan akan terus dikembangkan. Begitu juga bidang tenaga kerja dengan memperbanyak program pelatihan,” tutur Genius. (*)

Exit mobile version