Menurutnya, target PAD Rp1 triliun itu bukan
mimpi, melainkan kalkulasi terukur dari Ekos Albar karena ia seorang pengusaha. Ia tahu
cara meningkatkan investasi di Padang dan bisa mengajak teman-temannya sesama pengusaha untuk berinvestasi di
Padang.
Program Ekos yang juga menarik perhatian masyarakat, kata Satria, ialah pemberian seragam sekolah gratis kepada siswa SD, SMP, hingga SMA.
Ia memandang bahwa program berbasis pendidikan menarik perhatian masyarakat Padang karena kultur masyarakat Padang sebagai masyarakat kota merupakan kultur
intelektual.
Dalam survei tersebut, elektabilitas tertinggi diraih oleh Fadly Amran, yaitu 30,5 persen. Selanjutnya, Ekos Albar memperoleh angka 26,5 persen, Hendri Septa 21,5 persen, Desrio Putra 5,7 persen, Syafrial Kani 3,1 persen, Muhammad Iqbal 2,6 persen, Khairul Ikhwan 1,8 persen, Sofia Lorent 0,9 persen, Herman Anwar, 0,7 persen, Hidayat 0,7 persen, Miko Kamar 0,7 persen, Dani Faisal 0,3 persen, dan Alkudri 0,3 persen. Sementara itu, 4,7
persen tidak tahu atau tidaktidak menjawab. (*)