RESENSI BUKU: Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur

OLEH: NAILATUS SAKINAH

Judul buku :Tuhan, Maaf Aku Kurang Bersyukur

Penulis : Malik al Mughis

Penerbit: Syalmahat Publishing

Genre: Religion & Spirituality

ISBN: 978-623-97672-7-3

Halaman:vi+178 halaman

Cetakan : III, 2022

Banyak Bersyukur Agar tidak Kufur

Oleh: Nailatus Sakinah

”Bersyukur adalah magnet bagi datangnya keajaiban”

Ada banyak penelitian oleh ahli-ahli psikologi yang membuktikan bahwa orang yang mampu mensyukuri hidupnya cenderung akan hidup lebih bahagia, mampu menjaga kepercayaan dan keyakinan diri yang tinggi, dan mampu menjalin hubungan dengan orang lain yang lebih baik.

Banyak di antara manusia yang ingkar terhadap nikmat yang telah Allah berikan kepadanya. Mereka sibuk mengeluh dan menangisi harapan-harapannya yang hilang, kecewa terhadap hidupnya, karena apa yang diinginkannya belum terwujud. Akibatnya, hidup mereka menjadi lebih menderita. Padahal Allah telah berjanji siapa pun yang bersyukur atas nikmat yang telah diberikan kepadanya, maka Allah akan menambah lagi nikmat itu.

Kenikmatan seringnya baru disadari setelah ia menghilang, kufur nikmat adalah salah satu perbuatan tercela. Kufur artinya menutupi atau mengingkari. Sedangkan kufur nikmat berarti mengingkari nikmat Allah atau menyalahgunakan kenikmatan yang telah diberikan Allah. Misalnya saat kita sedang sehat, kita terlupa mensyukuri kesehatan yang kita miliki. Baru setelah kita menderita sakit, kita menyadari betapa berharganya nikmat sehat itu.

Seseorang melalaikan nikmat penglihatan dan baru menyadari setelah ia buta. Seseorang melalaikan nikmat keluarga, dan baru menyadari setelah keluarganya pergi meninggalkannya. Seseorang melalaikan nikmat kasih sayang orang tuanya, dan baru menyadari setelah orang tuanya tiada. Seseorang baru merasakan nikmatnya oksigen untuk bernafas, setelah ia menderita sa kita yang membuatnya susah bernafas. Begitulah sifat buruk manusia yang tak lepas dari perilaku kufur nikmat. (Halaman 47)

Tidak diragukan lagi, nikmat Allah terbesar yang telah dilimpahkan kepada kita kau muslim adalah keimanan Islam atau sering juga disebut hidayah. Keimanan dan hidayah untuk menerima Islam adalah nikmat yang amat mahal nilainya. Kita mungkin tak begitu menyadarinya, sebab sebagian besar dari kita lahir dan besar di keluarga muslim. Kita terlahir di tengah keluarga muslim dan besar di negara dengan jumlah penduduk muslimnya terbesar di dunia. Namun mereka yang menemukan hidayah Islam dengan susah payah, tentu akan memahami betapa tinggi nilai kenikmatan Islam ini. (Halaman 87)

Buku ini akan membantu kita semua untuk membuka pikiran dan hati, serta menuntun kita dalam berupaya mensyukuri kehidupan yang kita miliki. Kita akan dibuat terkejut, karena ternyata untuk bersyukur itu, kita tak perlu menunggu bahagia.

Membaca buku ini mengingatkan kita agar menjadi manusia yang banyak bersyukur, kekurangan pasti akan selalu ada dengan notabene kita masih hidup di dunia. Bukankah ketika kita bersyukur Allah akan menambah nikmat yang diberikan kepada kita?

Data penulis:

Nama : Nailatus Sakinah

Alamat: Pesantren Baitus Salam Qur’ani Lasem Rembang

No hp : 085695991316

No rekening: BRI 060801004257532 atas nama Nailatus Sakinah

Instagram: nailabayla

#bookstagram#reviewbuku#bacaansakinah#koleksibuku#resensibuku#

Exit mobile version