AGAM, HARIANHALUAN.ID – BPJS Kesehatan terus berupaya mendekatkan layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satunya menghadirkan BPJS Keliling.
BPJS Keliling merupakan solusi strategis bagi masyarakat yang menghadapi kendala jarak dan waktu dalam mengakses layanan administrasi JKN, seperti yang dilakukan di Kantor Wali Nagari Gadut, Kabupaten Agam, Rabu (30/7/2025),
Kali ini BPJS Keliling hadir di Kantor Wali Nagari Gadut, Kabupaten Agam, Rabu (30/7/2025), memberikan layanan BPJS Keliling dan Pemberian Informasi Langsung (PIL) kepada masyarakat sekitar.
Kehadiran layanan tatap muka itu disambut antusias masyarakat. Khususnya masyarakat yang selama ini merasa kesulitan menjangkau kantor cabang atau kantor kabupaten/kota terdekat.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi, mengungkapkan bahwa BPJS Keliling merupakan bentuk pendekatan langsung ke tengah masyarakat dalam rangka memberikan kemudahan akses pelayanan.
“Pelayanan ini kami rancang agar masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan administrasi JKN yang setara dengan yang diterima di kantor cabang. Jadi tidak ada perbedaan kualitas layanan. Ini bagian dari prinsip jemput bola yang kami terapkan agar peserta JKN tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk mengurus perubahan data atau sekadar bertanya.” ujar Haris.
BPJS Keliling memberikan beragam layanan, mulai dari pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan, konsultasi informasi program JKN, hingga penanganan pengaduan.
Haris mengungkapkan bahwa sebagian besar layanan yang dimanfaatkan oleh peserta dalam kegiatan ini adalah perubahan identitas, pembaruan nomor handphone, serta permintaan informasi terkait manfaat JKN.
“Kami juga sekaligus adakan PIL untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait Program JKN. Jadi bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi bisa ke BPJS Keliling dan sebelum itu biasanya kami akan iringi dahulu dengan PIL,” tutur Haris.