Gelar Matching Fund KedaiReka 2023, Nagari Koto Rantang Agam Gandeng Perantau Giatkan Pariwisata Alam

KONTRIBUTOR HN2 - ANTON IRZA

Pemerintah Nagari Koto Rantang Bersama Perantau TKS Melakukan Audiensi Program Dengan Bupati Agam

HARIANHALUAN.id – Untuk lebih memajukan pariwisata Nagari Koto Rantang Kabupaten Agam, unsur pemerintahan nagari bersama tokoh masyarakat dan perantau Tujuh Lurah beraudiensi dengan Bupati Andri Warman di rumah dinas bupati, Belakang Balok Bukittinggi, Jumat (06/01/23).

Rombongan terdiri dari Wali Nagari Koto Rantang, Novri Agus Parta Wijaya, ketua Bamus Jati Kusumo, Tokoh Masyarakat Kecamatan Palupuh, Emwardi, Tokoh Perantau serta penggiat pariwisata dan lingkungan, Sri Rafflesia, berserta ketua lembaga nagari lainnya.

Agenda dalam pertemuan tersebut menyampaikan rencana kerjasama Pemerintah Nagari Koto Rantang dengan Universitas Nasional Jakarta dalam program Matching Fund KedaiReka 2023 serta tindak lanjut dari hasil seminar nasional Front Palupuh 24 Desember lalu kepada Bupati Agam.

Pada kesempatan tersebut, Wali Nagari Koto Rantang, Novri Agus parta Wijaya, menyampaikan mengenai program Matching Fund KedaiReka 2023 serta langkah-langkah yang telah dilakukan dan dipersiapkan beserta kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah nagari sampai saat ini. Wali Nagari juga menyampaikan mengenai peran aktif perantau Kecamatan Palupuh dalam hal pembangunan dan pemberdayaan nagari-nagari sampai saat ini kepada Bupati Agam DR H Andri Warman SE MM.

Untuk tindak lanjut hasil seminar nasional Front Palupuh, Sri Rafflesia salah seorang perantau TKS dan penggiat lingkungan dan pariwisata dari Teman Pilah Jakarta menyampaikan tentang kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan di nagari-nagari di kecamatan palupuh khususnya di bidang pariwisata.

Untuk langkah awal Teman Pilah bersama pemerintah nagari koto rantang, Tujuah Lurah Koto Rantang Sepakat, Pemuda Panca Marga kecamatan Palupuh, dan BMKG Koto Tabang akan melakukan kegiatan public hearing Dengan tema “Pengembangan Pendukung Objek Daya Tarik Wisata Minat Khusus (cagar alam Batang Palupuh, Tugu Perjuangan Palupuh dan GAW Koto Tabang)”, di kantor BMKG Koto Tabang pada Selasa 10 Januari 2023.

Dalam acara tersebut juga akan diadakan MoU dengan berbagai pihak, untuk bersama memajukan pariwisata kecamatan Palupuh kedepannya. Diantaranya dengan Pemerintah Kabupaten Agam, Dinas Kehutanan Sumbar, BKSDA Sumbar, Lingkungan Hidup Sumbar, Sat. Brimob Sumbar, BRIN dan BMKG Sumbar, Dinas DAS Sumbar, Dinas Pariwisata Kab Agam, DPRD Kabupaten Agam,Perhimpi/Apiki/Faperta Unand Sumbar, PPM Kabupaten Agam, KAN koto rantang, P3MD Kab Agam dan pemuda nagari sekecamatan palupuh.

Bupati Agam DR H Andri Warman SE MM sangat mendukung rencana Pemerintah Nagari Koto Rantang dan sangat berterima kasih atas kepedulian perantau Kecamatan Palupuh untuk kampung halaman. Bupati juga langsung menunjuk tim perumus untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk kerja sama program Matching Fund Kedaireka 2023, dan juga akan ikut menghadiri acara public hearing di kantor BKMG koto Tabang Nagari Koto Rantang pada Selasa 10 Januari 2023 nanti. (*)

Exit mobile version