Pemkab Agam Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah Tanam Sayur

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Rosva Deswira

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Rosva Deswira

HARIANHALUAN.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam mengajak masyarakat, agar memanfaatkan perkarangan rumah masing-masing untuk menanam sayur-sayuran.

“Ini salah satu program Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam selama 2023,” ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam, Rosva Deswira pada Senin (23/1/2023).

Lanjut Rosva, hal ini guna untuk kebutuhan keluarga, sehingga dapat mencegah stunting pada anak di daerah itu. “Saat ini kami gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat, agar mereka memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran,” katanya.

Rosva menyebutkan, selain mengajak masyarakat untuk memanfaatkan perkarangan mereka, namun pihaknya juga siap mendampingi warga nantinya. “Kami siap mendampingi dan kami juga telah menyediakan lokasi percontohan di samping kantor yang berada di Kecamatan Lubuk Basung,” katanya.

Lokasi tersebut telah ditanam berbagai sayur-sayuran dan setiap hari tanaman itu dirawat. “Lokasi tersebut siap untuk dikunjungi oleh warga, sehingga tujuan dari program itu tercapai,” ucapnya.

Rosva mengatakan, program agar masyarakat memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran, diberi nama Cegah Stunting dengan Pemanfaatan Perkarangan Keluarga (Ceting Parak).

“Ceting parak itu merupakan inovasi dari kita dan pada tahun ini kita juga menyiapkan empat lokasi kawasan rumah lestari dalam upaya mencegah stunting,” tuturnya. (*)

Exit mobile version