Tingkatkan Keandalan Saat Ramadan, PLN Gelar GORO Pemeliharaan
HARIANHALUAN.id – PT PLN (persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Lubuk Basung di bawah kordinasi Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi giat lakukan pemeliharaan sebagai langkah strategis untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik saat Ramadan dan Idul Fitri 1444 H. Kegiatan gotong royong pemeliharaan dan Right of Way (ROW) Jaringan Tegangan Menengah (JTM) digelar pada Rabu-Kamis (15-16/03) di sepanjang jaringan daerah Palembayan, Lubuk Basung.
Kegiatan antisipasi mencegah terjadinya gangguan listrik saat Ramadan telah digelar jauh-jauh hari oleh tim ULP Lubuk Basung. Seperti disebutkan Manager PLN ULP Lubuk Basung Gatot Catur Jatmiko, kegiatan goro dan row (pemangkasan dan penebangan pohon) di sekitar jaringan listrik PLN sangat penting untuk menjaga keandalan dan keselamatan masyarakat sekitar.
Ditemui ditempat berbeda, Manager PLN UP3 Bukittinggi Zulhamdi menyampaikan posisi jarak aman antara JTM dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih 3 meter. Sehingga PLN berkomitmen untuk membersihan ranting atau batang pohon disekitar jaringan yang berpotensi mengganggu kontinuitas pasokan listrik tersebut,
“PLN telah memiliki Tim Khusus yang disebut tim ROW yang bertugas untuk memantau dan melakukan pemangkasan batang pohon, melakukan pembersihan kawat listrik dari tali atau kerangka layang-layang, umbul-umbul, dan benda-benda lain yang rawan menyebabkan gangguan padam. Mendekati Ramadan ini petugas semakin gencar untuk melakukan pemangkasan sebagai komitmen untuk menjaga keandalan agar masyarakat dapat beribadah dengan nyaman,” imbuhnya.
Ia menambahkan, selain membersihkan daerah sekitar jaringan, PLN UP3 Bukittinggi juga rutin memberikan edukasi kepada masyarakat perihal dampak negative dari pembiaran pohon yang mengenai jaringan listrik PLN yang tidak hanya mengganggu kontinuitas pasokan listrik dan merusak aset PLN, hal itu juga dapat mengancam keselamatan masyarakat dan menimbulkan korsleting listrik.
“Kami akan terus menginformasikan kepada masyarakat,, apabila menemukan pohon yang berdekatan dengan jaringan atau melihat jarak antara dahan pohon dan listrik kurang dari 3 meter, dapat segera melaporkan ke petugas melalui Aplikasi PLN Mobile,”jelasnya.
Dukungan dan Kerjasama seluruh masyarakat yang mengizinkan petugas untuk melakukan pemangkasan rutin atau penebangan pohon disekitar jaringan listrik akan berimbas positif pada upaya PLN dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. (*)