PPTI Rantiang Koto Baru, Sambut Perantau dengan Pagelaran Seni

PAGELARAN SENI--Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs Edi Busti M.Si hadiri pagelaran seni dan budaya yang diadakan oleh PPTI Rantiang Koto Baru di Nagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya, Senin malam (24/4).IST

HARIANHALUAN.ID – Bupati Agam, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs Edi Busti M.Si hadiri pagelaran seni dan budaya yang diadakan oleh PPTI (Persatuan Pemuda Tarbiyah Islamiah) Rantiang Koto Baru di Nagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya, Senin malam (24/4).

Mengusung tema “Sabiduak Sarangkuah Dayuang” berbagai lapisan masyarakat Nagari Duo Koto memanfaatkan momentum liburan Idulfitri untuk menjalin silaturahmi dengan warga rantau melalui pagelaran seni.

Edi Busti dalam sambutannya menyambut baik kegiatan tersebut. Pasalnya bicara soal tarbiyah tentu bicara tentang pendidikan islami. Menurutnya, hal ini sejalan dengan fokus pembangunan SDM di Kabupaten Agam.

“Pendidikan, adat, budaya dengan sentuhan islami saat ini berhasil kita kemas dalam satu pagelaran seni. Hal ini tentu baik bagi pembangunan mental, norma serta adab anak kita dikemudian hari” ujarnya.

Berdasarkan paparan Wali Nagari Duo Koto, setidaknya acara ini patut untuk dilestarikan mengingat adanya nilai historis dalam acara yang digelar tiga hari berturut-turut tersebut. kegiatan ini telah dilaksanakan turun temurun dari puluhan tahun silam.

Pagelaran seni tersebut turut dihadiri Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, unsur forkopimca, Wali Nagari Duo Koto serta Ketua Tarbiyah Ranting Koto Baru.

Melihat antusiasme warga dan pemuda, Edi Busti merasa perlu mengambil langkah dan mengembangkan nilai-nilai adat istiadat islami untuk generasi muda.

“Ke depan kita akan coba kemas tradisi ini menjadi ciri khas yang akan menonjolkan pariwisata kita di Agam” pungkas Edi Busti antusias.(rel)

Exit mobile version