Disdukcapil Agam, Mudahkan Perantau Mengurus Adminduk

Kepala Disdukcapil Agam, Helton.

AGAM, HARIANHALUAN.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam memudahkan para perantau dalam mendapatkan administrasi kependudukan (adminduk) berupa KTP, kartu keluarga, surat pindah dan lainnya saat berada di kampung.

Disdukcapil  Kabupaten Agam telah menerbitkan sebanyak 113 lembar administrasi kependudukan dengan inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Khusus Ari Rayo (PAK KAYO) selama Idulfitri 1444 H.

“Pelayanan PAK KAYO itu kami buka selama lima hari dimulai pada 19, 20, 21, 24 dan 25 April 2023,” sebut Kepala Disdukcapil Agam, Helton pada Senin (1/5).

Lanjut Helton, ke 113 lembar administrasi kependudukan tersebut berupa rekam KTP delapan orang, cetak KTP 48 lembar, Kartu Identitas Anak (KIA) empat lembar, kartu keluarga 32 lembar, akte kelahiran sembilan lembar dan lainnya. 

“Pelayanan itu kami lakukan di dua lokasi yakni, Kantor Disdukcapil Agam di Padang Baru, Kecamatan Lubuk Basung dan Kantor Pelayanan Bersama Agam di Belakang Balok, Kota Bukittinggi,” katanya.

Helton mengatakan, untuk memberikan pelayanan itu, pihaknya mengerahkan empat orang petugas setiap harinya.

“Pelayanan itu khusus dibuka untuk para perantau dalam mendapatkan administrasi kependudukan berupa KTP, kartu keluarga, surat pindah dan lainnya saat berada di kampung,” ungkapnya.

Helton menyebutkan, pelayanan tidak saja bagi perantau, namun juga untuk masyarakat yang membutuhkan administrasi kependudukan. 

Pelayanan ini setiap tahun dibuka untuk membantu para perantau saat mudi ke kampung halamannya. 

“Ini salah untuk membangun para perantau dalam pengurusan administrasi kependudukan saat berada di kampung halaman,” ucapnya. 

Dikatakan Helton, Disdukcapil Agam juga melakukan layanan jemput bola ke nagari, kecamatan, sekolah dan lainnya, sehingga masyarakat sangat terbantu. 

“Pelayanan tersebut tidak dipungut biaya dan masyarakat cukup melengkapi persyaratan yang dibutuhkan,” tutupnya. (per).

Exit mobile version