Sejak Diluncurkan SILETON, Disdukcapil Agam Catat Miliaran Rupiah Dana Warga Hemat

Kepala Disdukcapil Agam, Helton

Kepala Disdukcapil Agam, Helton

HARIANHALUAN.ID – Semenjak diluncurkan pada 2022, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam mencatat miliaran rupiah dana masyarakat hemat melalui Sistem Informasi Layanan Elektronik Terintegrasi Online (SILETON).

“Menurut asumsi kami, dana yang dikeluarkan Rp300 ribu per orang setiap pelayanan dan pelayanan melalui SILETON. Sedang semenjak diluncurkan pada 2022 ada 95.306 layanan SILETON, jadi kalau dijumlahkan ada sekitar Rp28,29 miliar,” kata Kepala Disdukcapil Agam, Helton pada Kamis (4/5/2023).

Lanjut Helton, dana Rp300 ribu itu merupakan biaya masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam. “Seperti makan, ongkos atau beli bahan bakar minyak kendaraan dan lainnya,” katanya.

Namun melalui SILETON sekarang ini, pelayanan tidak harus ke Kantor Disdukcapil Agam, tetapi cukup dari pemerintah nagari dan kecamatan saja. “Program SILETON ini sangat memudahkan pelayanan bagi masyarakat dan mereka cukup ke kantor nagari. Program ini dapat menekan inflasi,” ucapnya. 

Helton menyebutkan, program SILETON tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 28 Tahun 2022 tentang pelayanan administrasi kependudukan berbasis digital. Pelayanan tersebut dengan mengerahkan 108 operator dari Disdukcapil Agam, pemerintah nagari dan nagari. Dokumen kependudukan itu mulai dari kartu keluarga, KTP, akte kelahiran, surat kematian dan lainnya. 

“Pelayanan administrasi kependudukan tersebut sekitar 500 sampai 600 dokumen setiap harinya,” katanya. Ke depan, kata Helton, program tersebut terus dimaksimalkan dalam membantu masyarakat Agam. (*)

Exit mobile version