Jembatan Tiku Runtuh, PT Mutiara Agam Percepat Pembangunannya

Jembatan Tiku

Pembangunan jembatan yang putus di Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Minggu (3/4). PERI MUSLIADI

HALUANNEWS, AGAM — Jembatan yang runtuh di dekat Perumahan Afdeling Carly Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), tengah dikerjakan oleh PT Mutiara Agam.

Dengan demikian, diharapkan akses jalan masyarakat di sekitar sana bisa kembali lancar. Diketahui, jembatan tersebut putus karena roboh setelah dilewati oleh mobil fuso milik masyarakat, yang membawa muatan buah sawit dengan berat berlebihan pada Rabu (30/3/2022) pagi.

Akibatnya, sebanyak tiga jorong di Nagari Tiku V Jorong, hampir terisolasi. Walau ada jalan alternatif lain, namun jarak tempuhnya jauh dan jalanan yang dilalui sangat jelek.

Jembatan itu, penghubung jalan dari Tiku ke Jorong Muara Putus, Labuhan dan Subang-Subang, Nagari Tiku V Jorong, Kabupaten Agam.

Manager PT Mutiara Agam, Iskandar menyebutkan, untuk mempercepat pembangunan jembatan yang putus tersebut, pihaknya menurunkan alat berat dan melemburkan puluhan pekerja, agar pembangun jembatan cepat selesai.

“Mulai dari pagi hingga malam, para pekerja di kebut untuk meningkatkan progres pembangunan, agar transportasi masyarakat kembali lancar,” katanya pada Minggu (3/4/2022).

Dikatakan Iskandar, untuk membangun jembatan yang roboh tersebut, pihaknya mengambil dari dana CSR Perusahaan PT Mutiara Agam.

Hal senada juga disampaikan Asisten Teknik PT Mutiara Agam, Aulia Rahman, orang yang bertanggungjawab dalam percepatan pembangunan jembatan tersebut.

“Pembangunan jembatan sudah kami kerjakan mulai dari 1 April 2022. Sampai hari ini, kira-kira progresnya sudah mencapai 70 persen,” katanya.

Aulia Rahman mengatakan, seandainya cuaca tetap bagus dan pengerjaannya tidak ada kendala, pihaknya memprediksikan paling lama empat atau lima hari lagi masyarakat sudah bisa kembali mempergunakan jembatan tersebut.

Kepedulian PT Mutiara Agam kepada masyarakat dengan mempercepat pembangunan jembatan yang roboh tersebut, mendapat apresiasi dari salah seorang anggota DPR Kabupaten Agam yang sekaligus tokoh masyarakat di Nagari Tiku V Jorong, Gema Saputra.

“Saya atas nama warga di Nagari Tiku V Jorong, mengucapkan terima kasih atas keseriusan PT Mutiara Agam dalam mempercepat pembangunan jembatan tersebut,” katanya.

Karena, kata Gema, jembatan yang dibangun tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi pada saat Ramadan aktivitas masyarakat meningkat, dengan cepatnya pembangunan tersebut tentu masyarakat akan sangat terbantu. (*)

Exit mobile version